PERBAIKAN URUTAN PEKERJAAN DAN EFISIENSI WAKTU PRODUKSI TRANSFORMATOR DENGAN CRITICAL PATH METHOD

Arief Suwandi

Abstract


Abstrak

PT. XYZ merupakan perusahaan yang memproduksi transformator yang terus meningkat kuantitas produksinya, sehingga hal ini menjadi pemacu bagi perusahaan untuk senantiasa menjaga dan terus meningkatkan kualitas dan produktivitasnya. Perencanaan, penjadwalan, pengawasan dalam kegiatan meliputi sejumlah pekerjaan yang saling terkait satu sama lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pengembangan produk/jasa merupakan kejadian atau kegiatan unik yang mau atau tidak mau harus terus dilakukan. Penjadwalan kegiatan untuk lebih meningkatkan efisiensi waktu kerja menjadi faktor yang dominan dalam rangka perbaikan kerja yang terus menerus dalam perusahaan. Untuk meningkatkan efisiensi waktu pembuatan produk transformator agar produktivitas perusahaan meningkat, maka dilakukanlah analisa jaringan kerja pembuatan transformator dengan melakukan analisis penentuan urutan aktivitas dan kegiatan pembuatan transformator. Penelitian dan pengembangan produk senantiasa dilakukan sejalan dengan perbaikan kinerja berupa penjadwalan yang merupakan kegiatan yang mengatur dan mengendalikan urutan dan pembagian waktu untuk seluruh kegiatan. Pendekatan analisa jaringan kerja dengan CPM (Critical Path Methode) digunakan untuk membantu menunjukkan ketergantungan antar kegiatan dan mengidentifikasi kembali kegiatan-kegiatan yang dijalani untuk mendapatkan peluang peningkatan efisiensi waktu pada produksi perusahaan. Sehingga didapat urutan pekerjaan dan waktu produksi transformator yang efektif.

 

Kata kunci : Transformator, Efisiensi, CPM, Jaringan kerja

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Toto, S., & Nofi, T. (2007, Desember). Analisis jaringan kerja untuk mengukur efisiensi waktu dan biaya pelaksanaan proses produksi: Studi kasus pada Perusahaan Mujur Jaya. Jurnal Ekonomi Bisnis, 3(12).

Novie, S. (2006, Januari). Analisis jaringan kerja dan penentuan jalur kritis dengan Critical Path Methode-Cpm (studi kasus pembangunan Rumah Graha Taman Pelangi Type Milano pada PT Karyadeka Alam Lestari Semarang). J@TI Undip, 1(1).

Handoko & Hani, T. (1996). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi (Edisi pertama).Yogyakarta: BPFE.

Heizer, J., & Barry, R. (2005). Operations Management: Manajemen Operasi (Edisi 7, Buku Satu).Jakarta: Salemba Empat

Zusi, H. (2000). Operations Research. Jakarta: Universitas Trisakti.

Levin, R. I. (1997). Perencanaan dan pengendalian dengan CPM. Jakarta: Balai Pustaka.

Herjanto, E. (2008). Manajemen Operasi (Edisi ketiga). Jakarta: Grassindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.