USULAN PERBAIKAN SISTEM KERJA DAN PENURUNAN WAKTU PELAYANAN DENGAN PRINSIP KERJA 5S DI PT. TOTAL PRIME ENGINEERING

Sachbudi Abbas Ras, Martin Imelda Leksmana

Abstract


Abstrak

PT. Total Prime Engineering (TPE) merupakan salah satu perusahaan pemain produk komponen seal yang memiliki persediaan akan produk terbesar di kelasnya dan telah dikenal oleh perusahaan dalam dan luar negeri. Untuk tetap menjadi perusahaan yang diperhitungkan oleh para kompetitornya, PT. Total Prime Engineering perlu suatu perubahan sistem kerja yang lebih baik. Perusahaan mendapat usulansuatu prinsip kerja yang berkaitan dengan penataan dokumen dan lingkungan kerja untuk mengatasi permasalahan mereka. Melalui beberapa usulan perbaikan dengan pendekatan prinsip kerja 5S dan ARC yang telah diterapkan oleh perusahaan, maka didapatkan total penurunan waktu penyelesaian pekerjaan dalam upaya pelayanan terhadap kebutuhan pelanggan tersebut dari 267.1 menit/customer menjadi 140.6 menit/customer atau menurun hampir 50% dari waktu penyelesaian pekerjaan sebelum diterapkannya prinsip kerja 5S tersebut. Dengan penurunan waktu pelayanan tersebut, diinformasikan oleh manager sales dan marketing dari PT. Total Prime Engineering, bahwa complain yang dilakukan oleh customer pun menurun dari 17 complain menjadi 6 complain.

 

Kata kunci : Seal, stokiest, distributor,5S,complain, customer


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Al-Aomar, R. (2011). Applying 5S lean technology an infrastructure for continuous process improvement. Journal of World Academy of Science, Engineering and Technology, 59.

Coetzee, J. L. (1999). Aholistic approach to maintenance problem. Journal of Quality in maintenance engineering, 5(3) :276-280.

Araghi, M. (2004). Work place and productive human. Journal of Tadbir, (146). Tehran.

Nafida, W.G. (2012). Peningkatan implementasi 5S dan total productive maintenance dengan menggunakan pendekatan dmaic dan expert system. Jurnal Rekayasa Mesin, 3 (3).

Mohammad. R. D. (2011). Relation of 5S principles and human factors engineering (ergonomics) in possibility of TPM implementation. Journal International Conference on Sociality and Economics Development, 10.

Rasjidin, R. & Agus, K. (2012, Oktober). Implementasi program 5S pada lini produksi di Pt.X. Jurnal Inovisi, 1(2). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIEU, Jakarta.

Stefanic, N., Tosanovic, N. & Cala, I. (2010), Applying the lean system by 5S in the process industry. Strojarstvo: Journal forTheory and Application in Mechanical Engineering, 52(1): 59-67.

Surya, E. (2013). Perancangan good manufacturing practices dan budaya 5s di pt. indo tata abadi. Pandaan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2 (1).

Zulkarnaen, M. (2007). Usulan perbaikan sistem kerja dengan pendekatan sikap 5S. [Tugas akhir]. Teknik Industri Universitas Esa Unggul, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.