IDENTIFIKASI CORE BUSINESS FUNCTION E-BUSINESS INDUSTRIAL BANK (STUDI KASUS: BANK MANDIRI)

Aisa Rurkinantia, Basyir Ahmad, Maria Tri Rahayu, Rano Hendranata Suhendi, Tujuan S Silaen

Abstract


Salah satu Bank di Indonesia, yang memanfaatkan teknologi e-Commerse ini adalah Bank Mandiri. Bank Mandiri merupakan Bank terbesar di Indonesia dengan total asset diatas Rp 600 trilyun. Bank ini memiliki 21 ribu karyawan yang tersebar pada 1000 kantor dalam negeri dan 6 kantor dan perwakilan luar negeri Bank Mandiri serta 56 group. Saat ini Jaringan distribusi Bank Mandiri terdiri atas 3,186 ATM, 7,051 ATM in the LINK Network dan 12,663 ATM Bersama Networks, Electronic Data Capture (EDC) kurang lebih 25,254 di seluruh Indonesia. Bank Mandiri mempunyai 8.3 juta pemegang kartu ATM dan 3.2 juta pengguna SMS Banking, 783,356 pengguna internet banking dan 822,937 pengguna Call Mandiri dan lebih dari 1 juta pemegang kartu kredit Visa. Sebagai Bank terbesar di Indonesia, Bank Mandiri berambisi untuk masuk dalam jajaran Top 5 Bank di ASEAN pada tahun 2014. Selanjutnya di tahun 2020, Bank Mandiri menargetkan untuk masuk dalam jajaran Top 3 Bank di ASEAN dalam hal nilai kapitalisasi pasar dan menjadi pemain utama di regional. Untuk mewujudkan target ambisi tersebut, salah satu fungsi bisnis yang dijalankan oleh Bank Mandiri adalah memberikan solusi perbankan dalam memberikan layanan on – line atas transaksi nasabah khususnya nasabah segmen corporate dan commercial. Solusi tersebut adalah layanan Cash Management atau  Mandiri Cash Management (MCM). MCM merupakan sarana internet banking real-time online yang ditujukan untuk segmen bisnis, memberikan akses dan control terhadap transaksi financial maupun non-finansial bagi nasabah dengan aman, cepat dan mudah. Fungsi bisnis ini dijalankan dengan model E-Business.

 

Kata kunci: Nasabah, e-business, Mandiri Cash Management (MCM), pasar, transaksi


Keywords


Customer; e-business; Mandiri Cash Management (MCM); market; transaction

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.