UPAYA MENINGKATKAN PEMASARAN UJI KLINIK PRODUK KOSMETIK DAN DERMATOLOGI PT DERMA LAB ASIA - SKINPROOF MENGGUNAKAN METODE ANALISA SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM)
Abstract
Sebagai perusahaan layanan uji klinik dan riset konsumen yang bersaing dengan kompetitor di Indonesia, PT Derma Lab Asia - SKINPROOF menerapkan strategi pemasaran melalui analisis SWOT dan QSPM. Analisa ini bertujuan untuk memastikan kesesuaian strategi pemasaran PT Derma Lab Asia – SKINPROOF berdasarkan identifikasi isu, baik internal maupun eksternal serta identifikasi kebutuhan dan harapan pihak-pihak berkepentingan. Metode SWOT mampu menganalisa posisi perusahaan berdasarkan tingkat kekuatan (strenght), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threats) terhadap pasar dan kompetitor. Secara konseptual QSPM menentukan daya tarik relatif dari berbagai strategi berdasarkan sejauh mana faktor kesuksesan kunci internal dan eksternal dimanfaatkan atau ditingkatkan. Daya tarik relatif untuk setiap strategi dalam seperangkat alternatif dihitung dengan menentukan dampak kumulatif dari setiap faktor kesuksesan internal dan eksternal yang penting yang menghasilkan strategi strategi yang dapat digunakan perusahaan. Analisa SWOT dan QSPM dilakukan secara berkala sebagai upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi strategi pemasaran perusahaan. Hasil analisa SWOT dan QSPM dapat menentukan posisi perusahaan di pasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi strategi pemasaran perusahaan.
Keywords
SWOT, QSPM, strategi pemasaran
Refbacks
- There are currently no refbacks.