Perancangan Kondisi Persediaan Optimal Untuk Sparepart Handphone di PT Sarindo Nusa Pratama

Roesfiansjah Rasjidin, Astrid Agustine

Abstract


Abstrak

Penelitian ini meneliti aspek-aspek biaya yang menyusun Total Cost untuk mendapatkan kondisi persediaan yang paling optimal di PT Sarindo Nusa Pratama.  Perhitungan dilakukan mulai dari Analisis ABC, Sistem Per-sediaan Multi Item, dan EOQ.  Tiga versi perhitungan yang dilakukan adalah perhitungan menurut perusahaan, versi EOQ with Shortage, dan EOQ (tanpa Shortage).  Berdasarkan hasil perhitungan, maka metode EOQ with Shortage merupakan metode yang paling sesuai untuk meng-optimalkan persediaan di PT Sarindo Nusa Pratama, dengan Total Cost yang terkecil dibanding dengan metode lain.

Kata Kunci : Analisis ABC, Sistem Persediaan, Quantity, Total Cost.


References


Daftar Pustaka

Chase, Richard B. dan N.J Aquilano. “Production and Operations Management Manufacturing and Servicesâ€, Seventh Edition. Richard D. Irwin, Inc. 1995.

Elsayed, Elsayed A. dan T.O Boucher. “Analysis and Control of Production Systemsâ€, Second Editon. Prentice Hall International, Inc. 1994.

Fogarty, Donald W, J.H Blackstone, dan T.R Hoffman, “Production and Inventory Managemenâ€, Second Edition. South Western Publishing Co. Cincinnati, Ohio, 1991.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.