Perancangan Prosedur Pengendalian Kualitas Produk Supplier dan Sistem Audit Supplier Berdasarkan ISO 9001:2000 dan Iso 14001:2002

Sachbudi Abbas Ras, Dimas Y. Wicaksono

Sari


Abstrak

Untuk menembus pasar ekspor ke Eropa dan Korea pada tahun 2006 ini, PT. LG Electronics Indonesia (PT. LGEIN) harus membuat sistem baru dalam rangka penyesuaian terhadap regulasi baru yang dibuat oleh negara-negara tersebut yang menyatakan semua produk yang masuk dan dipasarkan di negara-negara Eropa dan Korea wajib menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan pada saat di-recycle (daur ulang) dan di-disposal (dihancurkan). PT. LGEIN hanya pabrik perakitan saja, artinya kualitas produknya sangat bergantung pada kualitas setiap part yang dipasok dari para supplier-nya. Dirancangnya suatu sistem terpadu sebagai langkah berbagai prosedur dan bahan audit terhadap supplier yang memberikan produknya sesuai regulasi PT. LGEIN dengan mengintegrasi ISO 9001:2000 dengan ISO 14001:2002 sesuai dengan proyek Greenparts yang dijalankan diharapkan mampu dijadikan solusi untuk pemecahan permasalahan tersebut.

Kata Kunci: Greenparts, ISO, audit, supplier


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Gaspersz, Vincent, “Total Quality Management”, Gramedia Pus-taka Utama, Jakarta, 2001.

Gaspersz, Vincent, “ISO 9001:2000 and Continual Quality Impro-vement”, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005.

Lu, Frank C., “Toksokologi Dasar: Asas, Organ, Sasaran, Dan Penilaian Resiko”, Universitas Indonesia Press, Jakarta, 1995.

Martin, Raymond, “National Center for Environmental Decision-Making Research”, Oak Ridge National Laboratory, University of Tennessee, 1998.

Soemarwoto, Otto, ”Analisis Mengenai Dampak Lingkungan”, Gadjah Mada Univeristy Press, Yogyakarta, 2003.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISIT COUNTER:

gerEGGe