Pengukuran Kinerja Mesin Produksi Dengan Metode Overall Equipment Effectiveness Pada Pt. Cahaya Biru Sakti Abadi

Nofi Erni, Andri Fajar Maulana

Abstract


Abstrak

PT. Cahaya Biru Sakti Abadi merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri manufaktur cairan penghapus tinta. Perusahaan pada saat ini menghadapi  permasalahan  tingkat reject produk yang tinggi, breakdown mesin yang tinggi, waktu setup mesin yang tidak standar,  yang berdampak pada penurunan kualitas produk. Untuk  mengetahui kinerja mesin dilakukan   pengukuran  dengan metode Overall Equipment Effectiveness (OEE). Nilai pengukuran OEE didapat dari 3 faktor yaitu availability, performance, dan quality. Berdasarkan hasil perhitungan availability, performance, quality untuk enam mesin utama yaitu Mesin blowing 1, Blowing 2, Arburg 3, dan Arburg 4, rasio  yang belum ideal adalah   performance ratio dan quality ratio.  Jika digabung secara keseluruhan nilai ratio tersebut telah memenuhi nilai OEE yang ideal. Penyebab  tidak idealnya kondisi mesin  yang mengakibatkan losses performance, adalah waiting time berupa waktu mesin menganggur  untuk menunggu peralatan beroperasi. Penyebab tidak idealnya quality ratio mesin  disebabkan tingginya total defect part screw cap yang diproses pada mesin arburg 3. Usulan untuk perbaikan  adalah penambahan satu operator bagian perakitan, sedangkan untuk menurunkan defect part screw dengan mengubah sistem pengunci dies dengan menggunakan screw/klem atau mengganti baut pengunci dies dengan baut kunci L.

Kata Kunci : Overall Equipment Effectiveness, availability, performance, dan quality ratio


References


Daftar Pustaka

Evans, Richard. Measuring Maintenance Productivity Using a Closes - loop System. Journal of Plant Engineering.

Fitchett, Don. Overall Equipment Effectiveness. Jurnal of Implementation for TPM. (Diunduh pada tanggal 16 Juli 2012). 2003.

Ljungberg, O. Measurment of Overall Equipment Effectiveness as a Basic for TPM Activities. International Journal of Operations & Productions Management. (Diunduh pada tanggal 31 Agustus 2012). 1998.

Muslim Erlinda, Dianawati Fauzia, Panggalo Irwandi. Pengukuran dan Analisis Nilai Overall Equipment Effectiveness Sebagai dasar Perbaikan Sistem Manufaktur Pipa Baja. Journal of Seminar on Application and Research in Industrial Technology. (Diunduh pada tanggal 16 Juli 2012). Depok : Universitas Indonesia. 2009.

Nolvarista, Sifra. Pengukuran Efektivitas Mesin Produksi Dengan Metode Overall Equipment Effectiveness pada PT. Posmi Steel Indonesia. Jakarta : Universitas Indonusa Esa Unggul. Skripsi. 2007.

Williamson, Robert M. Using Overall Equipment Effectiveness : The Metric and The Measure. Journal of Strategic Work Systems : Columbus NC Inc. 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.