Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Pelanggan Telkomsel Dengan Menggunakan Metode Qfd (Quality Function Deployment)

Iphov Kumala Sriwana, Friska Silaban

Abstract


Abstrak

PT Telkomsel adalah salah satu operator terbesar dan memiliki pelanggan terbanyak yang ada di Indonesia. Banyaknya operator baru yang bermunculan saat ini, menjadikan persaingan semakin ketat. Salah satu cara untuk tetap bertahan dan tetap menjadi pemimpin adalah dengan terus meningkatkan kualitas pelayanan agar sesuai dengan harapan konsumen.  Untuk itu dalam rangka melakukan peningkatan kualitas layanan di PT.Telkomsel khususnya di Grapari Telkomsel, dilakukan penelitian dengan menggunakan aplikasi metode Quality Function Deployment (QFD) yang bertujuan untuk memperoleh Voice of Customer, mendapatkan Prioritas Tindakan Respon Teknis, serta menghasilkan usulan strategi yang sebaiknya diambil oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanan. Dengan penerapan QFD, diperoleh atribut-atribut yang menjadi prioritas untuk peningkatan kualitas layanan, terdiri dari 25 atribut kebutuhan konsumen, diantaranya Pelayanan yang cepat dan tepat, Waktu menunggu tidak terlalu lama, sikap membantu dari petugas, dll. Dari hasil pengolahan atau analisis terhadap matrik QFD (Qualiy Function Deployment) diketahui bahwa yang memiliki bobot kepentingan yang tertinggi adalah untuk atribut pelayanan yang cepat dan tepat dengan bobot kepentingan 4.75 dan dapat dijadikan prioritas untuk peningkatan pelayanan di Grapari dan untuk karakteristik teknis yang memeberikan kontribusi besar dalam perbaikan kualitas layanan yaitu untuk service excellent  training  24.60% , Product Knowledge  training 7.53%, sosialisasi product  7.35% dan Fresh mind training 7.11%.

Kata Kunci : kepuasan, pelanggan, kualitas, pelayanan


References


Daftar Pustaka

Akao, Yoji, Shigeru Mizuno. QFD The Customer-Driven Approach to Quality Planning and Development. Asian Productivity Organization Jepang.

Aritonang, Lerbin R.Kepuasan Pelanggan. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Cohen, Lou. Quality Function Deployment: How To Make QFD Work For You, Addison Wesley Publishing Co.

Cochran, Teknik Penarikan Sampel, Universitas Indonesia, Jakarta. 1991

Fandy Tjiptono Manajemen Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta. 1997

Gevirtz, Charles. Develoving New Product With TQM : Total Quality Management, Mcgraw-Hill, 1994

Hasam, M. Iqbal. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Penerbit Ghalia Indonesia Jakarta, 2002

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1, Penerbit Prehallindo Jakarta. 1997

Kotler, Philip dan Armstrong Gary, Dasar-Dasar Pemasaran –Jilid 2 Edisi 6, Jakarta: Intermedia, 1996

Moh.Nasir, Ph.D, Metode Penelitiaan, Ghalia Indonesia, 1999

Supranto, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta, 2006

Vincent Gasperzs, Manajemen Kualitas Penerapan Konsep-Konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total. Edisi Pertama. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 1997

Software Quality Function Deployment


Refbacks

  • There are currently no refbacks.