KONSEP PENGEMBANGAN KOTA BARU DI KECAMATAN BAKAUHENI, KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Zulqarnain Wodson, Budi Sulistyo

Sari


Abstrak

Perkembangan kawasan pada dasarnya tidak terlepas dari kegiatan sosial-ekonomi dan keterkaitan dengan daerah belakangnya yang kemudian membangkitkan dan menuntut kegiatan yang ada dalam masyarakat pada kawasan tersebut, sehingga membutuhkan ruang untuk mengalokasikan kebutuhan mereka. Bakauheni merupakan sebuah Kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan yang memiliki fungsi yang sangat vital bagi Pulau Sumatera dan Pulau Jawa, karena menghubungkan kedua pulau besar tersebut. Bakauheni memiliki potensi perkembangan wilayah yang sangat baik pada masa mendatang karena memiliki lokasi yang strategis dan memiliki kebijakan terkait, baik dari tingkat daerah maupun nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi perkembangan wilayah di Kecamatan Bakauheni dan memberikan usulan konsep pengembangan kota baru sebagai alternatif pengembangan wilayah. Sehingga dapat meminimalisir permasalahan ruang di Kecamatan Bakauheni pada masa mendatang.Metode analisis penelitian yang dilakukan memiliki yaitu analisis kebijakan, analisis daya dukung, analisis daya tampung, analisis aksesibilitas, analisis penentuan lokasi, analisis kebutuhan prasarana kota, analisis perekonomian.Hasil temuan studi ini ialah perlunya penanganan ruang untuk mengantisipasi perkembangan yang terjadi di Kecamatan Bakauheni dengan penerapan konsep kota baru. Pengembangan kota baru di Kecamatan Bakauheni menjadi salah satu alternatif penanganan kawasan dan secara khusus dapat meningkatkan kualitas fisik suatu kawasan dengan menyediakan komponen yang mempunyai ciri kota sehingga dapat mendukung aktifitas penduduk yang ada pada kawasan tersebut, menjaga keseimbangan lingkungan alam, serta mengurangi kesenjangan pembangunan. Usulan fungsi kota baru Bakauheni adalah sebagai kota transit terintegrasi transportasi antar moda.

 

Kata Kunci : Bakauheni, Kota baru, Perkembangan kawasan.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Daftar Pustaka

Adisasmita, Rahardjo. 2010. Pembangunan Kawasan dan Tata Ruang. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bailey, James. 1973. New Towns in America. New York: John Willey & Sons.

Catanese, Anthony J & James C. Synder. 1988. Edisi Ke 2. Urban Planning. McGraw-Hill Inc.

Ikatan Ahli Perencana Indonesia. 1997. Kamus Tata Ruang. Jakarta: Direktorat Jendral Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum.

Kainz, Wolfgang. 1995. Making Better Tools : Spatial Information Theory and Applied Computer Science as Basic for GIS. Enschede Netherland: ITC Journal No. 3.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Indeks.

Miles, Mathew B & Michael Huberman. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. London: Sage Publication, Inc.

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Edisi ke 5. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. 2011. Rencana Tata Ruang Kabupaten Lampung Selatan 20011-2031. Kalianda.

Pemerintah Provinsi Lampung. 2009. Rencana Tata Ruang Provinsi Lampung 2009-2029. Bandar Lampung.

Pontoh, Nia K et & Iwan Kustiawan. 2009. Pengantar Perencanaan Perkotaan. Bandung: Penerbit ITB.

Republik Indonesia. 2008. Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional. Jakarta.

Republik Indonesia. 2011. Masterplan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025. Jakarta.

Riyadi & Deddy S. Bratakusumah. 2003. Perencanaan Pembangunan Daerah: Strategi Potensi Dalam Mewujudkan Otonomi Daerah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rustiadi, Ernan., Sunsun, S., & Dyah, R. P. 2011. Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Jakarta: Crespent Press dan Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sabari Yunus, Hadi. 2000. Struktur Tata Ruang Kota. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjarto, Djoko. 2012. Catatan Kuliah: Perencanaan Kota Baru. Bandung: Penerbit ITB.

_____. Catatan Kuliah: Pengantar Planologi. Bandung: Penerbit ITB.

Tarigan, Robinson. 2005. Perencanaan Pembangunan Wilayah. Jakarta: Bumi Aksara.

Taylor, Griffit. 2007. Edisi ke 2. Urban Geography. London: Routledge.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISIT COUNTER:

gerEGGe