Strategi Pengembangan Jalan HOS Cokroaminoto Tangerang Sebagai Kawasan Perdagangan dan Jasa Dengan Pendekatan Pemasaran Kota

Khairul Mahadi, Braint Heider Lewenussa

Sari


Konsep Pemasaran Kota merupakan suatu konsep yang sangat baik dalam pengembangan kota/kawasan yang sedang mengalami penurunan fungsi kualitas pelayanan. Hal inilah yang sedang terjadi pada koridor jalan HOS Cokroaminoto Tangerang yang sedang mengalami penurunan kualitas fungsi pelayanan. Untuk itu perlu suatu alat ukur yang tepat untuk memecakan masalah tersebut yaitu dengan pendekatan pemasaran kota. Analisis yang di pakai adalah analisis Kepuasan Pelanggan yang dinilai dari harapan dan kenyataan yang mereka rasakan sehari-hari dan nantinya akan di bandingkan dengan program kerja pemerintah daerah yang telah di lakukan selama ini. Hasil penelitian ini berupa upaya strategi pengembangan kawasan perdagangan dan jasa

Kata Kunci: Pemasaran Kota, Kepuasan Target Pasar, Strategi Pengembangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gallion, Arthur, “Pengantar Perancangan Kotaâ€, Jilid 2. Erlangga, Jakarta, 1997.

Graw, Leroy H, “Service Purchasing: What Every Buyer Should Knowâ€, Van Nostrad Reinhold:New York, 1994.

Keputusan Menteri Perindustrian Dan Perdagangan Nomor: 23/Mpp/Kep/1/1998 Tentang Lembaga-Lembaga Usaha Perdagangan

Kotler, Philip, dkk, “Marketing Places. Attracting Investment, Industry and Tourism to Cities, State and Nationsâ€, The Free Press, New York, 1993.

Kotler, Philip, dkk, “Prinsip-Prinsip Pemasaranâ€, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2001.

Koestoer, Raldi Hendro, “Dimensi Keruangan Kota: Teori dan Kasusâ€, Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta, 2001.

Lupiyoadi, Rambat, “Manajemen Pemasaran Jasa. Teori dan Praktekâ€, Salemba Empat, Jakarta, 2001.

Rangkuti, Freddy, “Measuring Customer Satisfactionâ€, Teknik Mengukur dan Stra-tegi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan plus Analisis Kasus PLN-JP, PT. Gramedia Pustaka Utama:Jakarta, 2002.

Simamora, Bilson, “Remarketing for Business Recoveryâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001.

Pemerintah Daerah Kota Tangerang, RTRW Kota Tangerang Tahun 2000-2010.

Pemerintah Daerah Kota Tangerang, RPJM Kota Tangerang Tahun 2009-2013.

Setianingati, Heppi, “Strategi Pengembangan Kawasan perdagangan dan jasa. Studi kasus Koridor Mayjend Soenkono-HR Muhamad (Suatu Pendekatan Konsepsional Pemasaran Kota)â€, Jurnal Perencanaan wilayah dan Kota, ITS, Surabaya, 2006.

Hidayat, Muhamad, “Penentuan lokasi potensial kawasan perdagangan dan jasa di Tangerangâ€, Jurnal Perencanaan wilayah dan Kota, Esa Unggul, Jakarta, 2008.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISIT COUNTER:

gerEGGe