Studi Eksplorasi Permasalahan di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta

Yuliarti Yuliarti, Maidatul Fitrani

Sari


Pasar sebagai salah satu ruang publik mempunyai fungsi sebagai ruang untuk kegiatan sosial, ekonomi dan budaya, yang termasuk didalamnya beberapa aspek seperti tempat bertemunya supply dan demand serta kegiatan ekonomi lainnya, serta sebagai tempat interaksi berbagai kelompok masyarakat, yang tidak terlepas dari fungsi pasar itu sendiri sebagai ruang. Hal tersebut diatas tidak akan terlepas dari permasalahan tiap aspeknya. Penataan kawasan akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan sosial dan ekonomi di dalam pasar itu sendiri, termasuk didalamnya proses distribusi yang tidak terlepas dari aspek penataan parkir truk-truk pengangkut muatan. Untuk wilayah Jabodetabek, sebelum sampai pada konsumen, sayuran dan buah-buahan dari petani akan masuk ke Pasar Induk Kramat Jati terlebih dahulu yang kemudian akan didistribusikan ke seluruh pasar lokal dan pedagang menengah lainnya di seluruh wilayah Jabodetabek. Pasar Induk Kramat Jati memiliki peranan yang sangat penting. Pasar Induk Kramat Jati merupakan satu-satunya pasar khusus sayuran dan buah-buahan yang terdapat di DKI Jakarta dengan skala pelayanan regional. Pasar ini menjadi jantung dari pasar-pasar lainnya di seluruh wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya Seiring dengan banyak aspek maupun kegiatan yang terkait didalam Pasar Induk Kramat Jati, maka permasalahan yang timbulpun akan semakin besar. Permasalahan tiap aspek memiliki karakteristik yang berbeda tetapi memiliki keterkaitan satu sama lain. Studi ini bertujuan untuk menggali permasalahan-permasalahan yang terjadi di Pasar Induk Kramat Jati dilihat dari 3 aspek, yaitu aspek penataan ruang, aspek proses distribusi dan aspek penataan parkir. Permasalahan tersebut akan menjadi rekomendasi mengenai studi lanjutan yang dibutuhkan.

Kata kunci: pasar, penataan, kegiatan ekonomi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cyril S. Belshaw, Tukar Menukar Tradisional dan Pasar Modern, Jakarta : Gramedia, 1981.

G.R Wells, Rekayasa Lalu Lintas, Bhratara, Jakarta, 1993.

Mudrajad Kuncoro,Ph.D., Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Jogjakarta, 2003.

Naning, M. Irawan, A.Hamid, Profil dan Direktori Pasar di DKI Jakarta, IWPL Departemen Perdagangan, Jakarta, 1994.

Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. D.V –a.18/1/17/1973, tentang Pendirian Pasar Induk Sayur Mayur dan Buah-buahan Kramat Jati,Jakarta Timur dan Ketentuan Pengurusannya.

Surat Keputusan Gubernur No. 02/Kits/TJ/1979, tentang Badan Pengelola Pekerja Bongkar Muat Pasar Induk Sayur Mayur dan Buah-buahan Jakarta.

Surat Keputusan Gubernur No. 82 Tahun 2005, tentang Pola Distribusi dan Angkutan Sayur Mayur dari, di dan ke Pasar Induk Kramat Jati

Deparemen Pekerjaan Umum, Petunjuk Perencanaan Kawasan Perumahan Kota.

Departemen Perdagangan RI, bekerjasama dengan Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), Kajian Kebijakan Pola Pembinaan dan Pengembangan Pasar/Pertokoan, Jakarta, 1996.

PD. Pasar Jaya, PD. Pasar Jaya Dalam Angka 2005.

PD. Pasar Jaya Area 20 Pasar Induk Kramat Jati, Laporan Paparan PD Pasar Jaya Area 20 Pasar Induk Kramat Jati Kepada Instansi terkait.

BAPENGKAR Pasar Induk Kramat Jati, Laporan Bulanan April 2009.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISIT COUNTER:

gerEGGe