Studi Evaluasi Keberhasilan Program Bebenah Kampung Berdasarkan Penilaian Masyarakat

Lany Puspita sari`

Sari


Kampung Belakang RW 03 Kelurahan Kamal merupakan sebuah wilayah yang terisolir dari pembangunan, ini disebabkan karena wilayah ini termasuk kedalam Jalur Hijau Pengaman Penerbangan (JPHH) dan termasuk kedalam wilayah perencanaan Jl Tol Sudiyatmo. Tapi bagi penduduk Kampung Belakang keterisoliran secara fisik dimulai tahun 1984 atau ketika Jl Tol Sudiyatmo selesai dibangun. Dengan selesainya pembangunan Jl Tol Sudiyatmo Kelurahan Kamal terbagi menjadi dua yaitu Kamal Barat dan Kamal Utara. Pusat pemerintahan Kamal terdapat di Kamal Barat, antara lain Kantor Kelurahan, puskesmas dan sekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pada pada tahun 2005 di mulai pembangunan jembatan penghubung antara Kamal Barat dan Kamal Utara yang dibangun oleh Sudin PU Jakarta Barat dan bekerja sama dengan PT Jasa Marga, yang diharapkan program ini dapat mengeluarkan masyarakat kampung Belakang dari kemiskinan yang diakibatkan dari keterisoliran wilayah mereka dari pembangunan. Penilaian keberhasilan program ini dilihat berdasarkan penilaian masyarakat terhadap keberhasilan program berdasarkan kriteria penilaian dan indikator penilaian. Keberhasilan program bebenah kampung ini berdasarkan manfaat yang dirasakan warga dan perubahan yang terjadi setelah adanya program bebenah kampung ini. Program – program ini dinilai kurang berhasil oleh masyarakat karena tidak semua masyarakat merasakan manfaat dari adanya program ini.

Kata kunci: pembangunan, kemiskinan, manfaat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dinas Perumahan Provinsi DKI Jakarta Kajian Sistem Penataan Kawasan Perumahan Permukiman DKI Jakarta, Jakarta 2007.

Direktorat Jenderal Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum dan Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia Kamus Tata Ruang, Jakarta 1997

Husein Umar, S.E., M.M., M.B.A. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, PT Raja Grafindo Persada , Jakarta 1998.

Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung 2008.

Suku Dinas Perumahan Jakarta Barat Laporan Akhir Pendampingan Pengembangan Masyarakat Dalam Perbaikan Kampung (Dedicated Program), Jakarta 2007.

Suku Dinas Perumahan Kotamadya Jakarta Barat Konsep Penataan Lingkungan Perumahan Dan Permukiman Sehat, Jakarta 2007.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISIT COUNTER:

gerEGGe