PEMANFAATAN REMOTE SENSING DALAM PENENTUAN PUSAT AKTIVITAS PEREKONOMIAN PERKOTAAN KARTAMANTUL

Lorentius Letu Limang, Surya Kurniawan

Sari


Penginderaan jauh merupakan salah satu metode dalam identifikasi suatu wilayah maupun kawasan. Metode ini merupakan salah satu hitech dan low cost dalam melakukan survei lapangan dan pemetaan. Salah satu wilayah yang mengalami perkembangan yang cukup masif adalah wilayah Perkotaan Kartamantul. Dengan pusat aktivitas di Kota Yogyakarta, kawasan ini berkembang menjadi kawasan pariwisata, perdagagan dan jasa serta pendidikan tinggi. Untuk mengidentifikasi dan menganailsis pusat-pusat perekonomian di Perkotaan Kartamantul maka digunakan metode remote sensing ini dengan sumber data baku berupa citra satelit menengah beresolusi tinggi. Sehingga akan didapatkan sebaran titik-titik pusat aktivitas perekonomian di Perkotaan Kartamantul. Proses penerjemahan data menjadi informasi disebut analisis atau interpretasi data. Penginderaan jauh didefinisikan pula sebagai teknik yang dikembangkan untuk perolehan dan analisis informasi tentang bumi. Informasi tersebut khusus berbentuk radiasi elektromagnetik yang dipantulkan atau dipancarkan dari permukaan bumi. Dengan melakukan analisis terhadap data yang terkumpul ini dapat diperoleh informasi tentang obyek, daerah, atau gejala yang dikaji.

 

Kata Kunci. Citra Satelit, Identifikasi, Kartamantul, Perkembangan, Perekonomian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


E. Sutoro. (2013, October, 7). Potret dan Ragam Kemiskinan di 6 Daerah (1/2). Available: http://www.otonomidaerah.org/potret-dan-ragam-kemiskinan-daerah/

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunungkidul, PDRB Kecamatan di Gunungkidul Tahun 2011

E. Rustiadi, S. Saefulhakim, and D. R. Panuju, Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Jakarta: Crestpent Press dan Yayasan Obor Indonesia (2009)

Ekosafitri, K. H., E. Rustiadi dan F. Yulian. 2017. Pengembangan Wilayah Pesisir Pantai Utara Jawa Tengah Berdasarkan Infrastruktur Daerah: Studi Kasus Kabupaten Jepara. Journal of Regional and Rural Development Planning 1 (2): 145-157. ISSN 2549-3922 EISSN 2549-3930

Gaffara, G. R., A. Fathu dan Fatih. 2016. Kajian Skalogram Guttman Dan Indeks Sentralitas Marshall Untuk Penentuan Pusat - Pusat Pelayanan Wilayah (Studi Kasus: Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara). Sekolah Tinggi Teknologi Nasional, Sleman.

R. Adisasmita, Pengembangan Wilayah Konsep dan Teori. Yogyakarta: Graha Ilmu (2008).

R. Adisasmita, Teori - Teori Pembangunan Ekonomi. Yogyakarta: Graha Ilmu (2013)

Sjafrizal, Ekonomi Wilayah dan Perkotaan. Jakarta: Rajawali Press (2012) [7] I. Nugroho and R. Dahuri. Pembangunan Wilayah Perspektif ekonomi, Sosial & Lingkungan. Jakarta: LP3ES (2004)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


VISIT COUNTER:

gerEGGe