PENGARUH PERSEPSI GAYA KEPEMIMPINAN ATASAN TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI BAWAHAN (STUDI PADA KARYAWAN BCA KANTOR CABANG ALAM SUTERA)

Debby Rosiana, safitri safitri

Sari


Abstrak

DEBBY ROSIANA. 2015. Pengaruh persepsi gaya kepemimpinan atasan terhadap motivasi berprestasi bawahan (studi pada karyawan BCA KCU Alam Sutera), Dibimbing oleh Dra. Sulis Mariyanti,Psi., M.Si dan Dra. Safitri, M.Si. Setiap karyawan memiliki motivasi berprestasi yang berbeda. Ada karyawan yang motivasi berprestasinya tinggi, dan yang rendah, hal itu tersebut dipengaruhi dengan gaya kepemimpinan atasan yang dipersepsikan oleh bawahannya.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh persepsi gaya kepemimpinan atasan terhadap motivasi berprestasi bawahan (studi pada karyawan BCA KCU Alam Sutera). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimental yang bersifat korelasional.Sampel penelitian ini adalahkaryawan BCA KCU Alam Sutera.Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh.Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Pada skala gaya kepemimpinan 48 item valid dan reliabilitas 0,950. Pada skala motivasi berprestasi 46 item valid dan reliabilitas 0,965. Hasil penelitian korelasi persepsi gaya kepemimpinan transformasional dengan motivasi berprestasi memiliki nilai sig 0,000 (p <0,05) dan korelasi sebesar 0,989, dan korelasi persepsi gaya kepemimpinan transaksional dengan motivasi berprestasi memiliki nilai sig 0,000 (p < 0,05) dan korelasi sebesar 0,730, artinya terdapat pengaruh signifikan antara persepsi gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap motivasi berprestasi. Persepsi gaya kepemimpinan yang dominan di BCA KCU Alam Sutera adalah gaya kepemimpinan transformasional sebanyak 37,1%. Motivasi berprestasi karyawan BCA KCU Alam Sutera cenderung tinggi  (52,2%). Terdapat hubungan antara data penunjang dan motivasi berprestasi.

 

Kata kunci: persepsi gaya kepemimpinan, motivasi berprestasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anoraga, Panji. (2003). Psikologi Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.

Aprilita, Bina. (2012). Dimensi-Dimensi Gaya Kepemimpinan Bass dan Avolio menurut persepsi karyawan dalam membangun Gaya Kepemimpinan yang efektif (Studi pada Bank BRI Cabang Wates). Jurnal Penelitian Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Jakarta Astuti, Anik Wahyu. (2009). Motivasi Berprestasi ditinjau dari Persepsi Terhadap Kompetensi Guru Pada Siswa Kelas XI dan XII Program RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Di SMA Negeri 1 Purworejo. Jurnal Penelitian Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Semarang.

Avolio BJ, Rebecca J, Reichard, Sean T, Hannah, Fred O, Walumbwa, Adrian Chan. (2009). The Leadership Quarterly. Journal Homepage. Diunduh dari www.elsevier.com/locate/leaqua.

Azwar, Saifuddin. (2003). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Danim, Sudarwan. (2012). Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitria, Rifky. (2012). Hubungan antara Self Regulation dengan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Skripsi (tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul. Jakarta.

Hurlock, Elizabeth. (1980). (Edisi 5). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Munandar, A.S. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Meinawati, Renny. (2007). Peranan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Kerja Pada Agen yang Bekerja di Kantor Operasional Pondok Gede dan Kalimalang AJB Bumiputera 1912 Cabang Jakarta Timur. Skripsi (tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul. Jakarta.

Nisfiannoor, Muhammad. (2009). Pendekatan Statistik Modern untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Reza, Regina Aditya. (2010). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Sinar Santosa Perkasa. Jurnal Penelitian. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Sandroto, Christine Winstinindah. (2012). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepemimpinan Transaksional Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT Indosiar Visual Mandiri Departemen News. Jurnal penelitian. Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Jakarta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Mukhlis. (2012). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional terhadap kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta. Jurnal S1 (tidak dipublikasikan). Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

Utami, Mauliya. (2012). Motivasi Berprestasi Pemain Sepak Bola di sekolah sepak Bola Garec’s. Skripsi (tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul. Jakarta.

Uzlah, Siti Maria. (2011). Hubungan antara Persepsi Gaya Kepemimpinan atasan dengan Kepuasan kerja pegawai Puskesmas Mekar Baru. Jurnal penelitian. Fakultas Psikologi Universitas Tarumanegara. Jakarta.

Wijono, Sutarto. (2010). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta : Kencana.

Winahyu, Laksmi. (2007). Perbedaan Persepsi Terhadap Gaya Kepemimpinan Atasan Berdasarkan Komitmen Pada Organisasi. Skripsi (tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul. Jakarta.

.______ . Diunduh dari http://www.mybca.co.id

.______ . Jurnal Kepemimpinan Terhadap Produktivitas. Diunduh dari http://www.scribd.com/doc/27260968/Jurnal-Kepemimpinan-Terhadap-Produktivitasdiunduh.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.