PENINGKATAN PEMBELAJARAN STATISTIKA MELALUI METODA ACTIVE LEARNING

Safitri Safitri, Aziz Luthfi

Sari


Abstrak

Mengajar di kelas bukan hanya melakukan transfer ilmu pengetahuan kepada mahasiswa tetapi mengarahkan mahasiswa untuk membangun potensi dirinya dan memberikan nilai-nilai positif yang berguna untuk menjalani kehidupan dan bekerja atau berwirausaha. Hal ini dapat dilakukan dengan mengguanakan Metoda Student Centre Learning melalui small group discussion, pemberian apersepsi di awal pembelajaran  dan closing untuk memotivasi. Percobaan dilakukan terhadap peserta kelas matakuliah Statistika Psikologi 1 dan 2 Tahun Akademik 2011 untuk kelas Regular dan Non Reguler. Dengan Analisis Statistik diperoleh kesimpulan bahwa metoda ini cukup efektif . Ada hasil signifikan pada pre dan post tes  bagi peningkatan pengetahuan materi statistika dengan cara Diskusi.  Kegiatan apersepsi dan closing yang dilakukan selama 1 semester, diperoleh hasil  bahwa (a) terdapat peningkatan yang signifikan dari tingkat kehadiran dan persentase kelulusan matakuliah Statistika Psikologi 1 dan 2 baik kelas Reguler maupun Non reguler (b) Kegiatan Apersepsi dan Closing pada kelas Reguler tidak memberikan peningkatan yang siginifikan karena patut diduga bahwa motivasi internal mahasiswa untuk belajar sudah mulai terbentuk (c) Persepsi mahasiswa terhadap kegiatan SCL, pemberian apersepsi dan closing sangat baik dengan skor persepsi mahasiswa kelas Non Reguler lebih tinggi dibanding kelas Reguler

 

Kata kunci: student center learning, apersepsi, closure


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Chatib, Munif, “Gurunya Manusiaâ€, Kaifa Learning, Bandung, 2011.

Lind, Douglas, William G. Marchal, Samuel A. Wathen, “Statistical Technique in Business and Economics Fourteenth Ediitionâ€, McGraw Hill, 2010.

Safitri. “Analisis kebutuhan layanan bimbingan mahasiswa, kebijakan, program dan implementasinyaâ€; Hibah bersaing PHKI –A. 2010

Safitri. “Manfaat Program Mentor Bagi Siswa Minoritas di Lingkungan Pendidikan Kajian Jurnal: Mentoring in a Post-Affirmative Action Worldâ€; Jurnal Psikologi Juni 2011


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.