TIPE KEPRIBADIAN DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA ”X” TANGERANG

Sartika Utaminingsih, Iman Setyabudi

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tipe kepribadian dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA ”X”, dengan pendekatan  kuantitatif – korelasional. Sampel penelitian adalah siswa SMA “X”, diperoleh dengan teknik sampling kuota. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur berupa kuesioner berdasarkan teori McCrae & Costa untuk tipe kepribadian dan teori Ferrari untuk prokrastinasi akademik.Uji reliabilitas dengan menggunakan alpha cronbach diperoleh hasil dengan nilai koefisien 0,942 untuk skala tipe kepribadian dan 0,903 untuk skala prokrastinasi akademik. Berdasarkan hasil analisis kontingensi, diperoleh hasil  r = 0,235 dan nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,043. Hasil ini menunjukan bahwa  ada hubungan yang lemah  dan tidak signifikan untuk populasi. Artinya tipe kepribadian seseorang tidak selalu berhubungan dengan tinggi rendahnya prokrastinasi akademik atau sebaliknya tinggi rendahnya prokrastinasi akademik seseorang tidak selalu  berhubungan dengan tipe kepribadian.

 

Kata kunci: kepribadian, prokastinasi akademik, the five factor model


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allport, Gordon, W, “Pattern and Growth in Per-sonality”, Holth, Rineheart, and Winston, Inc, London, 1961

Benet-Matinez, U, & John, O, “Los Cinco Grander Across Cultures and Ethic Groups: Multi-method Analyses of the Big Five In Spanish and English”, Journal of Personality and Social Psychology, 1998

Costa, P, T, Jr, & Widiger, T,A, “Introduction: Personality disorders and the five-factor model personality”, American Psychology-cal Association, Washington DC 1994

Feist, J & Feist, G, J, “Theories of Personality”, 6ed, Pustaka Pelajar, 2008

Ferrari, J, Johnson, J & McCown, W, “Procrastina-tion and Task Avoidance: Theory, research, and treatment”, New York: Plenum Press, New York, 1995

Ghufron, M, Nur, 2004, “Hubungan Kontrol Diri dan Persepsi Remaja terhadap Penerapan Disiplin Orangtua dengan Prokrastinasi Akademik”, Skripsi tidak dipublikasi fakul-tas psikologi UGM, 2004

Hadi, Sutrisno, 1992, “Metodologi Research”, Yayasan penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta 1992

Hayyinah, “Religiusitas dan Prokrastinasi Akade-mik Mahasiswa”, Psikologika No 17 tahun IX Januari,2004

Hall, Calvin S, Gardner Lindzey, & Campbel, John B, “Theories of Personality (4thed)”, John Wiley & Sons, Inc, Singapore, 1998

Hsieh, J, “Procrastination Students Flock to Web For Papers”, Diunduh 04 Juni 2008 dari http://all,successcenter,ohio-state,edu, 2008

Judge, T, A, Thoresen, C, J, & Martocchio, J, 1997, “Five-factor Model of Personality Adem-ployee Absence”, Journal of Applied Psychology, 1997

Larsen, R, J, Buss, David M,2002, “Personality Psychology, McGraw-Hill Companies Inc, New York, 2002

Mastuti, Endah, 2005, “Analisis Faktor Alat Ukur Kepribadian Big Five (adaptasi dari IPIP) pada Mahasiswa Suku Jawa”, Insan Vol 7, No 3, 2005

Mischell, Walter, 1981, “Introduction to Perso-nality”, CBS College Publishing, 1981

Nawawi, H, Hadari, “Metode Penelitian Bidang Sosial”, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 2005

Nindyati, Ayu Dewi, 2006, “Kepribadian dan Motivasi Berprestasi”, Kajian Big Five Personality, Jurnal Psikodinamik,2006

Papalia, Diane, & Olds, Sally Wendkos olds, “Development Psychology”, McGraw-Hill Books Co, New York, 2004

Pervin, L,A & John, OP, “Personality: Theory and Research 8ed”, John Wiley & Sons, Inc, New York, 2001

Santrock, J, W, “Adolesence (9th ed,)”, McGraw-Hill, New York, 2003

Sarwono, S, W, “Psikologi Remaja”, PT, Rajawali Pers, Jakarta, 2005

Stell, P, “The Nature of Procrastination”, Diunduh 04 Juni 2008 dari http://www,haskayne,ucalgary,ca/research/WorkingPapers/research/media/HROD_working_papers/2003_07,pdf, 2006

Stell, P, “Procrastination and You”, Diunduh 04 Juni dari http://www,ucalgary,ca/~steel/procrastinus/cases/cases,html 2008

Sugiyono, “Metode Penelitian Administrasi”, ALFABETA, Bandung, 2005

Soehartono, Irwan, “Metode Penelitian Sosial”, PT, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002

Tuckman, B, “The relationship of academic procrastination rationalizations, and performance in a web course with deadlines”, Diunduh 16 Juli 2008 dari http://all,successcenter,ohio-state,edu, 2003

Tjundjing, Sia, “Apakah penundaan menurunkan prestasi? Sebuah Meta-Analisis”, Anima, Indonesian Psychological Journal, Vol 22, No 1, 17-27,2006

Winarsunu, Tulus, “Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan”, Malang: UMM Press, Malang, 2007


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.