KOMPETENSI INTERPERSONAL PADA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN ASRAMA DAN YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN COTTAGE

Lia Hartati, Winanti Siwi Respati

Sari


Abstrak

Kompetensi Interpersonal adalah kemampuan dan kecakapan yang dimiliki individu untuk memahami berbagai situasi sosial dan menentukan perilaku yang sesuai dan tepat, yang merupakan hasil interaksi individu dengan individu lainnya. Kompetensi interpersonal penting untuk mampu menjalin relasi sosial yang harmonis, baik dan efektif. Telah dilakukan penelitian bagaimana kompetensi interper-sonal untuk remaja yang tinggal di panti asuhan Asrama dan Cottage dengan  menggunakan teknik Sampling Kuota.

 

Kata kunci: kompetensi interpersonal, remaja, panti asuhan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azwar, Syaifuddin, “Penyusunan Skala Psikologiâ€, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2004.

Cheta Nilawati, “Mayoritas Penghuni Panti Asuhan bukan Yatim Piatuâ€, (www,media-intim-blongspot,com/2008/06/media-intim-mayoritas-penghuni-panti,html,120k),

Departemen Sosial RI, “Panduan Pelaksanaan Pembinaan Kesejahteraan Sosial Anakâ€, Jenderal Bina Kesejahteraan SOS, Jakarta, 2005.

Hartini, Nurul, “Deskripsi Kebutuhan Psikologis pada Anak Panti Asuhanâ€, Jurnal Insan Media Psikologi, Vol,3 No,99-108, 2001.

Hilman, “Kemandirian Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan di Tinjau dari Persepsi Pelayanan Sosial dan Dukungan†Sosial, Tesis, Program pascasarjana, Universitas Gadjah Mada, 2002.

Hurlock, Elizabeth B, 1996, “Psikologi Perkembangan (edisi kelima)â€, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Indriasari, pattisina (www,kompas,co,id,2005)

Nainggolan, Togiaratua, “Kompetensi Interpersonal Remaja Panti Asuhan Ditinjau dari Konsep Diri, Peran Jenis dan Jenis Kelaminâ€, Tesis, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, 2002.

Nashori, F, “Kompetensi Interpersonal Ditinjau dari Kematangan Beragama, Konsep Diri dan Jenis Kelaminâ€, Tesis (tidak diterbitkan), Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 2000.

Nashori, Fuad, “Hubungan Antara Konsep Diri dengan Kompetensi Interpersonal Mahasiswa, Animaâ€, Jurnal Psikologi ,Vol 16 No, I, 32-40, 2000.

Nashori, Fuad, “Kompetensi Interpersonal Mahasiswa Ditinjau dari Jenis Kelaminâ€, Jurnal Psikologi, Vol, 11, No, 1, 26-38, 2003.

Mulyati, Rina, “Kompetensi Interpersonal pada Anak Panti Asuhan dengan Sistem Pengasuh Tradisional dan Anak Panti Asuhan dengan Sistem Pengasuh Ibu Asuhâ€, Jurnal Psikologika, No,4 tahun 11, 43-49, 1997.

Papalia, D, E, & Olds, S, W, 1986, “A child’s World Infancy Through Adolesencentâ€, New York: Mc Graw Hill Book Company,1986.

Rakhmat, Jalaluddin, “Psikologi Komunikasiâ€, Bandung : Penerbit PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2000.

Shaffer,D,R, “Development psychologyâ€, Belmont California: Wodsworth Publishing Company,1995.

Sitanggang, Merry Hotma Ria, “Kaitan Kemandirian dan Kompetensi Interpersonal terhadap Sikap Kreatif pada Siswa SLTP Full day school dan Non full day school di Jakarta Selatan, Tesis (tidak diterbitkan), Universitas Indonesia. Jakarta. 2004

Sugiyono, 2008, “Metode Penelitian Pendidikan†(edisi kelima),CV Alfabeta. Bandung. 2008

Sugiyono, 2004, “Statistika untuk Penelitianâ€, Alfabeta. Bandung. 2004

Worowengku, A, Reivihara, 2007, “Hubungan antara Konsep Diri dengan Kompetensi Interpersonal pada Remaja Siswa Kelas III di SMEA Sasmita Jaya 1-Pamulangâ€, Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI.

Yulianto, Aries, 2005, “Diktat Pengantar Psikometriâ€, Universitas Indonusa Esa Unggul. Jakarta. 2005

Mereka_yang_tetap_ceria_di_panti_asuhan.htm. kamis 24 Juli 2008. www.kompas.co.id. 2005.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.