HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN FREKUENSI MEMBOLOS SEKOLAH PADA SISWA SMK X JAKARTA BARAT

Irena Irena

Sari


Abstrak

Bagi siswa dunianya adalah sekolah, dan tugas-tugas yang utama adalah tugas sekolah. Tugas sekolah dalam proses belajar mengajar di kelas yang menjenuhkan dapat menyebabkan siswa membolos sekolah. Perilaku membolos sekolah dapat ditandai dengan frekuensi membolos sekolah. Perilaku membolos sekolah pada dasarnya merupakan hasil sikap dan pandangan siswa terhadap dirinya yang dapat mempengaruhi siswa adalah konsep diri. Siswa yang menilai dirinya negatif akan menyakini atau memandang dirinya lemah dan tidak berkompeten sehingga siswa cenderung untuk membolos sekolah.

 

Kata Kunci: konsep diri, frekuensi membolos sekolah, siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, M, dan M, Asrori, “Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didikâ€, PT, Bumi Aksara Calhoun, Jakarta, 2006

J, F,, dan Acocella, J, R, “Psikologi tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaanâ€, Alih bahasa: Satmoko, IKIP Semarang Press, Semarang, 1990

Azwar, Saifuddin, “Penyusunan Skala Psikologiâ€, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2008

Fiits, W, H, “The Self Concept and Self actualizationâ€, First Edition, Western Psychological Service, Los Angeles, 1971

Gunarsa, Singgih, 1980, “Psikologi Remajaâ€, BPK Gunung Mulia, Jakarta, 1980

Gunawan, Adi, “Kamus Lengkap-Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggrisâ€, Surabaya

Kartika Kurniawati, Olivia, 2008,â€Studi Deskriptif Perilaku Membolos pada Siswa Laki-Laki di SMK â€Xâ€,†Universitas Surabaya, Psikologi, 2008

http://digilib.ubaya.ac.id/skripsi/psikologi/ED_345_5030023/ED_345_Abstrak.pdf diunduh pada tanggal 13 Oktober 2010.

Hasan, Iqbal, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Bumi Aksara, Jakarta, 2006

Kartono, Kartini, “Bimbingan Bagi Anak dan Remaja yang Bermasalahâ€, Edisi pertama, Rajawali Pers, Jakarta, 1991

Kurniawati, Olivia, 2008, “Studi Deskriptif Perilaku Membolos pada Siswa Laki-Laki di SMK â€Xâ€,†Universitas Surabaya, Psikologi,

http://digilib,ubaya,ac,id/skripsi/psikologi/ED_345_5030023/ED_345_Abstrak,pdf diunduh pada tanggal 13 Oktober 2010,

Luthfi, Aziz, “Statistik Psikologi 2â€, Tidak diterbitkan, 2008

Muhammad, Nisfianoor, “Pendekatan Statistika Modern untuk Ilmu Sosialâ€, Jakarta : Salembe Humanika, 2009

Nicolaus, Surata, “Kontribusi Faktor Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Tingkah Laku Membolos Siswa SMK SINT JOSEPHâ€, Universitas Katolik Indonesia ATMA JAYA, 1998

Nurhayati, T,F, 2008, “Perbedaan Konsep Diri antara Remaja dalam Keluarga Utuh dan Remaja dalam Keluarga Berceraiâ€, Skripsi, Tidak diterbitkan, Jakarta: Universitas Esa Unggul, Psikologi, 2008

Pudjijogyanti, C.R, “Konsep Diri Dalam Pendidikanâ€, Arcan, Jakarta, 1988

Rini, J,F, “Konsep Diriâ€, dapat diunduh : e-psikologi.com, diunduh pada tanggal 25 Oktober 2010, 2002

Sarwono, S,W dan Meinarno, E,A, 2009, “Psikologi Sosialâ€, Salemba Humanika, Jakarta, 2009

Sarwono, S,W, “Psikologi Remajaâ€, Edisi revisi cetakan 11, Rajawali Pers, Jakarta, 2010

Sidiq, N. A. 2009. “Kupas Tunta Membolosâ€,

http://fullerena.blogspot.com/2009/12/kupas-tuntas-membolos.html, diunduh pada tanggal 14 Oktober 2010.

Sujudi, Achmad. 2002. “Pedoman Umum Tim Pembina, Tim Pengarah, Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TP KJM)â€

http://www.depkes.go.id/downloads/Lamp%20SK%20No.220%20Th.2002.pdf, diunduh pada tanggal 17 oktober 2010.

Sugiyono, “Metode Penelitian Bisnisâ€,CV, Alfabeta, Bandung, 2002

, “Metode Penelitian Bisnisâ€, CV, Alfabeta, Bandung, 2007

, “Metode Penelitian Bisnisâ€, Bandung : CV, Alfabeta, 2009

. 2010. “Sekolah menengah Kejuruanâ€.

http://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_menengah_kejuruan,diunduh pada tanggal 27 Oktober 2010.

Widiyanto, Mikha, A, “Metodologi Penelitian Kuantitatifâ€, Universitas Esa Unggul, Jakarta, 2009

Yulianto, Aries, “Pengantar Psikometriâ€, Tidak diterbitkan, 2005

Yusuf, S, “Psikologi Perkembangan Anak dan Remajaâ€, PT Remaja Rosda Karya Offset, Bandung, 2006


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.