MANFAAT PROGRAM MENTOR BAGI SISWA MINORITAS DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN KAJIAN JURNAL: MENTORING IN A POST-AFFIRMATIVE ACTION WORLD

Safitri Safitri

Sari


Abstrak

Mentoring adalah sebuah proses pendampingan untuk peningkatan hubungan antara anak dan orang tua, teman sebaya dan guru/dosen yang multidimensional guna membnatu anak menghadap tantangan dan masalah dalam kesehariannyai. Tulisan ini membahas mentoring untuk kaum minoritas di AS, model mentoring, keberhasilan mentoring, mentoring di Indonesia dan di Universitas Esa Unggul

 

 

Kata Kunci: mentoring, penasehat akademis, bimbingan konseling


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dubois, David L., “Natural Mentoring Relationship and Adolescent Health: Evidence From a National Studyâ€, American Journal of Public Helath, 2005

Filck, Uwe and Friends, “The Psychology of The Socialâ€, Cambridge University Press, 1998.

Jekielek, Susan M.; Moore, Kristin A.; Hair, Elizabeth C.; Scarupa, Harriet J., Mentoring: “A Promising Strategy for Youth Developmentâ€, Child Trends Research Brief, 2002

Mawer, Mick, “Mentoring in Physical Education-Issues and Insightâ€, Falmer Press, 1996

Oskamp, Stuart; Schultz, P. Wesley, “Applied Social Psychology 2nd Editionâ€, Prentice Hall, 1998

Policastro, Ellen F., “The Joys of Mentoringâ€, ProQuest Science Journals, 2005

Reid, Barbara A., “Mentorship Ensure Equal Opportunityâ€, Personnel Journal, 1994

Sarlito W. Sarwono, “Teori-Teori Psikologi Sosialâ€, PT. Raja Grafindo Persada, 2005

Vaughan, Graham M; Hogg, Michael A., “Introduction to Social Psychology 3rd Editionâ€, Prentice Hall, 2002


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.