PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL DITINJAU DARI PERSEPSI PENERAPAN DISIPLIN ORANGTUA PADA MAHASISWA UIEU

Winanti Siwi Respati

Sari


Abstrak

Kecerdasan emosional individu mencakup pengendalian diri, semangat, dan ketekunan, serta kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustrasi, kesanggupan untuk mengendalikan dorongan hati dan emosi, tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar beban stress tidak melumpuhkan kemampuan berpikir, untuk mengenali perasaan orang lain (empati) dan berdoa, serta untuk memelihara hubungan dengan sebaik-baiknya. Kecerdasan emosional ini memegang peranan penting untuk kesuksesan seseorang, melebihi kecerdasan rasional/intelektual. Untuk itu diperlukan suatu pendidikan sedini mungkin terhadap anak-anak, khususnya tentang kecakapan manusiawi dasariah, seperti kesadaran diri, pengendalian diri, dan empati, seni mendengarkan, menyelesaikan pertentangan dan kerja sama dengan menjaga keseimbangan antara kecerdasan rasional dan kecerdasan emosional.Salah satu faktor yang berperan dalam perkembangan emosi anak adalah penerapan disiplin yang diterapkan orangtua.

Kata Kunci: kecerdasan emosional, Persepsi, disiplin


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afrianto, Feri, “Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan di Jakarta Timurâ€, Skripsi, Tidak diterbitkan : Fakultas Psikologi Universitas Indonusa Esa Unggul, Jakarta, 2008

Agung, Jusuf, 2006, “Perbedaan kecerdasan emosional ditinjau dari penerapan disiplin orangtua menurup perbedaan kawasan tempat tinggalâ€, Skripsi, Tidak diterbitkan: Universitas Airlangga, 2006

Azwar, Saifuddin, “Penyusunan Skala Psikologiâ€, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2003

Balson, Maurice, “Bagaimana Menjadi Orang Tua Yang Baikâ€, Bumi Aksara, Jakarta, 1996

Baron, Robert, A, & Byrne, Donn, “Psikologi Sosial†edisi ke 10, Erlangga, Jakarta, 2004

Berkowitz, L, 1995, “Emotional Behavior,†Terjemahan oleh: Hartatni Woro Susiatni, Jakarta : PPM, anggota Ikapi,

Chaplin, J,P, “Kamus lengkap Psikologiâ€, PT, Radja Grafindo Persada, Penerjemah : Dr, Kartini Kartono, 2001

Citrobroto, Suhartini, “Cara Mendidik Anak Dalam Keluarga Masa Kiniâ€, Bharata Karya Aksara, Jakarta, 1997

Departemen Sosial, 2004, “Penelitian Model Pemberdayaan keluarga Dalam Mencegah Tindak Tuna Sosial Oleh Remaja Perkotaaanâ€, http://www.depsos.go.id/Balatbang/as.doc. 2004

Ekowarni, E, “Kenakalan Remaja: Suatu Tinjauan Psikologiâ€, Bulletin Psikologi, 2: 24-27, 2000

Goleman, Daniel, “Emotional Intelegence, Kecerdasan Emosionalâ€, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003,

Hadjar, Ibnu, “Dasar-Dasar Metodelogi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikanâ€, Radja Grafindo Persada, Jakarta, 1999

Hurlock, B, Elizabeth, “Psikologi Perkembangan, (Ed, 5)â€, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2004

Jesni, 2009, “Perbedaan kecerdasan Emosional mahasiswa UIEU yang mengikuti training ESQ dengan yang tidak mengikuti training ESQâ€, Skripsi, Tidak diterbitkan: Uiversitas Indonusa Esa Unggul, 2009

Latifah, “Pengaruh Kualitas Interaksi Orang Tua-Anak dan Konsep Diri Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Siswa SMU Di Makasarâ€, Jurnal Intelektual, Vol, 1, No Halaman 21-32, 1999

Monks, F,J,K & Haditono, S,,R, 1999, “Psikologi Perkembanganâ€, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 1999

Papalia, D,E, “Human Development, (9th ed)â€, New York : Mc Graw Hill, 2004

Prasentiyati, Herlin, “Penerapan disiplin orangtua meningkatkan kecerdasan emosional anakâ€, Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Muhamadiyah Surakarta, 2009

Rohma, Fathimatuzzahroh, “Pola disiplin orangtua mempengaruhi tingkah laku anakâ€, Skripsi, Tidak diterbitkan: Universitas Gunadarma, 2009

Santrock, J,W, 2003, Perkembangan Remaja, (Ed, 6), Penerbit Erlangga, Jakarta, 2003

Santrock, John W, “Life Span Development : Perkembangan Masa Hidup (Ed, 5)â€, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2003

Satriawan T,H, 2002, “Hubungan antara Pola Asuh dan Religiusitas dengan Kecenderungan Seks Bebas pada Remajaâ€, Skripsi ,tidak diterbitkan, Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta,

Setianingsih, Dina, “Perbedaan kecerdasan emosional di tinjau dari penerapan disiplin orangtuaâ€, Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Muhamadiyah Makasar, 2007

Shochib, Moh, “Pola Asuh Orang Tuaâ€, Rineka Cipta, Jakarta, 1997

Sobur, Alex, “Anak Masa Depanâ€, Angkasa, Bandung, 1995

Sobur, Alex, “Komunikasi Orang Tua dan Anakâ€, Angkasa, Bandung, 1999

Sugiyono, “Statistik untuk penelitianâ€, CV Alfabeta, Bandung, 1997

Sukmadinata, Nana Saodih, “Landasan Psikologi Proses Pendidikan†Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005

Widiana, dkk, “Perbedaan Konsep Diri Antara Remaja Akhir Yang Mempersepsikan Pola Asuh Orang Tua Authoritarian, Autoritative dan Permissive, Jurnal Psikologiâ€, Vol, 4 No, 2, Desember 2006,UIEU – Press, Jakarta, 2006

Widiana, Noryta, “Perbedaan Konsep Diri Antara Remaja Akhir Yang Mempersepsikan Pola Asuh Orang Tua Authoritarian, Autoritative dan Permissiveâ€, Skripsi, Tidak diterbitkan: Universitas Indonusa Esa Unggul, 2006

Wijaya, Tony, “Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSSâ€, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta, 2009


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.