PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN INDEKS KENYAMANAN TERHADAP KINERJA GURU (PERFORMANCE), DI SEKOLAH SMA-X, JAKARTA BARAT

Yuli Asmi Rozali

Sari


Abstract

Motivation is the term used for the entire phenomenon that involves the behavior of teachers as a result of an excitatory situation or motif. When applied in the working world , explained that teachers who have a good performance is a teacher who has a high motivation to succeed and managed to achieve the feat . The purpose of this study to determine the effect of achievement motivation and comfort index on teacher performance, in X High School , West Jakarta. The study design was causal comparative , with the subjects (teachers) some 94 high school teachers X, West Jakarta. Test the hypothesis by using multiple regression . Based on calculations regarding the effect of regression between achievement motivation and comfort with performance index concluded that the hypothesis can not be rejected . This means that the achieveme nt motivation and comfort indices jointly influence performance.

 

Keywords: motivation, comfort indeks, teacher performance

 

Abstrak

Motivasi merupakan istilah yang dipergunakan untuk keseluruhan fenomena yang melibatkan tingkah laku guru sebagai hasil suatu rangsang situasi atau motif. Bila diterapkan dalam dunia kerja, menjelaskan bahwa guru yang memiliki kinerja yang baik adalah seorang guru yang mempunyai motivasi tinggi untuk sukses dan berhasil mencapai prestasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dan indeks kenyaman terhadap kinerja guru, di Sekolah SMA X, Jakarta Barat. Rancangan penelitian ini adalah kausal komparatif, dengan subyek (guru) sejumlah 94 orang guru SMA X, Jakarta Barat. Uji hipotesis dengan menggunakan multiple regression. Berdasarkan hasil perhitungan regresi mengenai pengaruh antara motivasi berprestasi dan indeks kenyamanan dengan kinerja disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Artinya bahwa motivasi berprestasi dan indeks kenyamanan secara bersama-sama mempengaruhi kinerja.

 

Kata kunci : motivasi, indeks kenyamanan, kinerja guru

 

 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Ancok, D. (1994). Teknik penyusunan skala pengukuran. Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gadjah Mada.

Asuransi Bumiputera. (2006). http://www.bumiputera.co.id. di akses tanggal 17 Mei 2010.

Azwar, S. (2005). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustka Pelajar.

Budiaro, Y danYufita. (2003). Motivasi kerja guru ditinjau dengan kematangan vokasional pada siswa smk negeri X tangerang. Jurnal Psikologi. Vol.1. No.2. hal 114-121.

________Seorang guru Tisna. (2009). Motivasi kerja guru. http://gurutisna.wordpress.com/2009/11/20/motivasi-kerja/Guru tisna. di akses tanggal 17 Mei 2010.

Meinawati, R. (2007). Motivasi berprestasi sales asuransi bumiputera. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi. Fakultas Psikologi. Universitas Esa Unggul. Jakarta.

Nisfiannoor, M. (2009). Pendekaatan statistika modern untuk ilmu social. Jakarta: Salemba Humanika.

Rachman, N. (2010). Gambaran motivasi berprestasi mahasiswa universitas esa unggul. Skripsi. Universitas Esa Unggul. Jakarta.

Winardi, J. (2004). Motivasi dan pemotivasian dalam manajemen. Cetakan ke 1. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Winarsunu. T. (2007). Statistik dalam penelitian psikologi, dan pendidikan. Cetakan ke 4. UMM Press. Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.