PENGARUH TRAIT KEPRIBADIAN TERHADAP GAYA HIDUP HEDONISME PRAMUGARI MASKAPAI “LA
Sari
Abstract
Flight attendant profession demands to look beautiful and attractive, directs them to do hedonism lifestyle. As well as,flight attendant as its brand company image its one of the reason they do hedonism lifestyle, and they do in different ways. One of the factors that influence hedonism lifestyle is a personality trait which have by each people.The purpose of this study is to see representative of a personality trait determine the influence of personality traits with hedonism life style and hedonistic life style differences based on trait personality. The design of this study is a quantitative with probability sampling and simple random sampling evidence. Total sample in this research is 328 flight attendants PT. LA. The coefficient of reliability of the measuring instrument trait of personality(α) =0.937 and measuring the hedonism lifestyle (α) =α.0,847.Z-score result personality dominan is a trait conscientiousness, ANOVA test results of the personality trait of the hedonistic life style that the value sig(p) =.000(p <0.05) means that there isa significant influence on the personality trait hedonistic lifestyle. Further more,based on the results of the ANOVA posthoctest result hedonistic lifestyle differences in trait personality trait conscientiousness and neuroticism have significant differences compared to the other trait.
Keywords: traits personality, lifestyle hedonism, flight attendants
Â
Abstrak
Tuntutan profesi pramugari untuk selalu tampil cantik dan menarik serta menjaga image perusahaan mengarahkan mereka pada gaya hidup hedonisme. Pramugari memiliki perbedaan cara dalam melakukan aktivitas gaya hidup hedonisme. Salah satu fakor yang mempengaruhinya adalah trait kepribadian yang dimiliki oleh setiap pramugari. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat gambaran trait kepribadian pramugari, mengetahui pengaruh trait kepribadian terhadap gaya hidup hedonisme pramugari maskapai LA dan perbedaan gaya hidup hedonisme berdasarkan trait kepribadian. Rancangan penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik probability sampling dan jenis simple random sampling, berjumlah328 pramugari LA. Koefisien reliabilitas dari alat ukur trait kepribadian yaitu (α)= 0,937 dan gaya hidup ( α ) = 0,847. Hasil uji Zscore, trait conscient paling dominan dengan frekuensi 81,dan pada uji anova trait kepribadian terhadap gaya hidup hedonisme diperoleh nilai sig (p)=.000 (p<0.05) Artinya terdapat pengaruh signifikan trait kepribadian terhadap gaya hidup hedonisme. Selanjutnya berdasarkan hasil uji post hoc pada Anova diperoleh hasil perbedaan yang significant gaya hidup hedonisme pada trait kepribadian conscientiousness dan neurotisme.
Kata kunci: trait kepribadian, gaya hidup hedonisme, pramugari
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Daftar Pustaka
American Psychological Association, (2010), Publication Manual Of The American Psychological Association 6th ed, Washington DC : American Psychological Association.
Azwar, S., (2013), Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bertens, (2004), Etika, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Buss, David M & Larsen, Randy J., (2010), Personality Psychology: Domain of Knowledge About Human Nature, 4th edition, McGraw-Hill, New York.
Chaney, Davis, (1996), Life Style, Yogyakarta: Jala Sutra.
Cohen, L, Manion, L., Morrison, K, (2007), Research Methods in Education (6thed), Routledge, New York.
Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa (2014), Jakarta: Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Engel, J, F, Blackwell, R, D., & Miniard, P,W,, (1997), Perilaku konsumen, Edisi keenam (terjemahan), Jakarta : Binarupa Aksara.
Ekowati, T, (2009), Compulsive Buying : Tinjauan Pemasar dan Psikolog, Segmen Jurnal Manajemen dan Bisnis No, 08 Januari 2009, Diakses melalui http://ejournal.umpwr.ac.id tanggal 4 Maret 2013.
Feist, J, (2010), Teori Kepribadian Edisi 7 Buku 1, Salemba Humanika, Jakarta.
_______, Teori Kepribadian Edisi 7 Buku 2, Salemba Humanika, Jakarta.
Ghozali, Imam, (2008), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gravetter, F.,J, & Wallnau, L, B, (2007), Statistic for Behavior Sciences (7thedition),Canada: Thomson Learning, Inc
Harjanti, M, (2003), Hubungan antara Motif Berafiliasi dengan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonis pada Remaja, Skripsi,(Tidak Diterbitkan), Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.
Hurlock (2011), Psikologi Perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan, edisi kelima, Jakarta : Erlangga.
Ibrahim, S,I., (2007), Lifestyle Ecstasy: Kebudayaan Pop Dalam Masyarakat Komoditas Indonesia, Bandung : Mizan.
J,P Chaplin, (2006), Kamus Lengkap Psikologi, Jakarta : Raja Grafindo.
Kotler, Philip Dan Amstrong, Gary, (2009), Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I Edisi Kedelapan, Erlangga, Jakarta.
Kerlinger,Fred dan Elazar J, Pedhazur,(1987), Korelasi dan Analisis Regresi Ganda, Nur Cahaya, Yogyakarta.
Lion Training Center (2012), Flight Attendant Manual, Lion Training Center, Jakarta.
Lion Training Center (2012), Social Graces manual book, Lion Training Center, Jakarta.
Lion Training Center (2012), Service Excellent manual book, Lion Training Center, Jakarta.
Martha, S, H, dan Setyawan, I, (2010), Correlation Among Self-Esteem with A Tendency Hedonist Lifestyle of Students At Diponegoro University, Jurnal, Diakses melalui http://www,eprints,undip,ac,id tanggal 27 Januari 2013,
McCrae, (1990), Personality'in adulthood, Guilford, New York.
McCrae & John (1991),An Introduction to the Five-Factor Modeland Its Applications,National Institute on Aging, California
Nesya,L, (2014), Pengaruh perilaku konsumtif terhadap gaya hidup hedonisme, Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul, Jakarta.
Nisfiannoor, Muhammad (2009), Pendekatan Statistika Modern, Jakarta : Salemba Humanika.
Pervin, L, A., & Daniel, C, (2011), Kepribadian: Teori dan Penelitian Edisi 10 Buku 1, Salemba Humanika, Jakarta.
_______, (2012), Kepribadian: Teori dan Penelitian Edisi 10 Buku 2, Salemba Humanika, Jakarta.
Riduwan, (2005), Statistika untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta.
Riduwan, Dr, (2013), Metode Dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung : Alfabeta.
Siregar, S, Ir,(2013), Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Stephen Soldz and George E, Vaillant 1999, The Big Five Personality Traits and the Life Course: A 45-Year Longitudinal Study, Study of Adult Development, Harvard Medical School
Sugiyono, (2012), Cara Mudah Manyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2014) Statistika untuk penelitian, Jakarta: Alfabeta.
Sumartono, (2002), Terperangkap Dalam Iklan “Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisiâ€, Bandung : Penerbit Alfabeta,
Suwindo, (2001), Komunikasi Anak Remaja Padang, Padang : PT Padang Panjang.
Tim Penyusun Fakultas Psikologi, (2006), Panduan Penulisan Skripsi Kuantitatif, Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, Surabaya.
Thomas & Imeh, (2015), Influence of Personality on the Buying Behaviour of Undergraduate Students in Universities in Cross River State, Nigeria, International Journal of Marketing Studies; Vol, 7, No, 4; 2015
Uma Sekaran, (2006), Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik Cetakan Keempat, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Verplanken & Herabadi, A, (2001), Individual differences in impulse buying tendency : Feeling and No Thinking, European Journal of Consumer Research.
Widiyanto, (2009), Metode Penelitian Kuantitatif, Fakultas Psikologi Universitas INDONUSA Esa Unggul, Jakarta.
Winarsunu, T, (2009), Statistik Dalam Penelitian Psikologi Pendidikan, Malang : UMM Pres.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.