PENYULUHAN DAN PELATIHAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM RANGKA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PEMBELAJARANDI YAYASAN PERGURUAN BIRRUL WAALIDAIN

Malabay Malabay

Sari


Abstract

The development of Information and Computer Technology and Its Application to grow rapidly which along with the development needs and problems in employment in education such as teachers' salaries or the calculation of final grades in the grade in a form of a report evaluating students during the learning process. To this still feels a shortage of skills in mastering one of the applications that provide solutions to the application processing figures, graphs and tables of that application Microsoft Excel. From this reason it is necessary to transfer knowledge from lecturer to teachers or students through the process of education and IT training through community service activities which is one of the obligations for Lecturers of Tri Dharma Perguruan Tinggi in line with its role as a facilitator, amplifier, and pemberdaya.Tujuan this activity is to provide insight on the benefits of Microsoft Excel application and improve the skills of teachers or students at processing numbers, graphs and tables, improve the performance of administrative services offices are in desperate need of processing figures, graphs and tables. The method is provided through counseling strategies that explain the functions of input, process and output of Microsoft Excel application performance and strategy to provide skills training directly or applicable. So the result is being able to operate the application Mirosoft Excel as an attempt solutions for the processing of numbers, graphs and tables.

Keywords: education, training, information technology

 

Abstrak

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komputer serta Aplikasinya berkembang dengan pesat yang seiring dengan perkembangan kebutuhan dan permasalahan dalam pekerjaan di dunia pendidikan seperti honor guru atau perhitungan nilai akhir dalam grade dalam suatu bentuk laporan evaluasi siswa semasa proses pembelajaran. Untuk hal ini masih terasa kekurangan keterampilan dalam menguasai salah satu aplikasi yang memberikan solusi pada penerapan pengolahan angka, grafik dan tabel yaitu aplikasi Microsoft Excel. Dari alasan tersebut maka diperlukan transfer knowledge dari Dosen ke Guru-guru atau siswa-siswi melalui proses penyuluhan dan pelatihan Teknologi Informasi melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat yang merupakan salah satu kewajiban bagi Dosen dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sejalan   dengan   perannya   sebagai   fasilitator,   penguat,   dan   pemberdaya. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan wawasan dari manfaat aplikasi Microsoft Excel dan meningkatkan keterampilan Guru-guru atau siswa-siswi pada pengolahan angka, grafik dan tabel,meningkatkan kinerja pelayanan administratif perkantoran yang sangat membutuhkan pengolahan angka,grafik dan tabel. Adapun metode yang diberikan adalah melalui strategi penyuluhan yang berisi penjelasan fungsi dari input, proses dan output dari kinerja aplikasi Microsoft Excel dan strategi pelatihan untuk memberikan keterampilan langsung atau aplikatif. Sehingga hasilnya adalah mampu mengoperasikan aplikasi Mirosoft Excel sebagai upaya solusi untuk kebutuhan pengolahan angka, grafik dan tabel.

Kata kunci: penyuluhan, pelatihan, teknologi informasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Katz, Abbott. (2010). Beginning Microsoft Excel 2010. United States of America.

Knowledge, Raf. (2010) Step by step:Microsoft Excel 2010. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

RISTEKDIKTI. (2016). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi. EDISI X. Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat. Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Jakarta.

Shelly, Gary B and Quasney, Jeffrey J. (2011). Microsoft Excel 2010 Complete. United States of America.

Sianipar, Pandapotan. (2010). Cara Mudah Menggunakan Microsoft excel 2010. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v2i2.1592

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats