GERAKAN LITERASI PEDAGOGIK BAGI GURU UNTUK PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SDN DURI KEPA 17 PAGI DAN SDN JELAMBAR BARU 01 PAGI

Ratnawati Susanto, Nurul Febrianti, Nia Iftahul Husna, Astri Anggita Putri, Cut Alfina Umri, Dita Ramadhanti, Karina Dwiyanti

Sari


Abstract

SDN Duri Kepa 17 Pagi and SDN Jelambar 01 Pagi have problems over pedagogic competency values that focus on the ability to understand the characteristics of the students. This is due to the absence of pedagogic pedagogy development programs for teachers after graduating from lectures and the challenges and developments of the era that influenced learning styles and educational interactions. So the solution offered is the accompaniment of Pedagogic Literacy Movement for the characteristics of learners. Method of implementation of socialization, training, self-evaluation, reflective pedagogical paradigm, exploration, simulation, documentation, discussion of friendship, mapping and practice. Objectives Outcome targets: (a) Training and advisory services of knowledge up to the formation of pedagogic competence, (b) Products: Modules, Worksheets, PPR matrices, Journal of Friendship, Matrix Johari Window and TSM, (c) HaKI, (d) Journal of Abdimas Esa Unggul University and additional procedural of SNIPMD, (e) Publication on Esa Superior University repository. The result obtained is an increase in pedagogic literacy. The conclusion is that there are improvements: (a) School paradigm as a learning organization, (b) pedagogic theory knowledge, (c) variation of teaching approach, (d) variation of teaching style, (e) communication model, (f). Ability to identify the characteristics of students, (g) attitude of entry behavior.

 

Keywords: school literacy movement, pedagogic literacy movement, quality of learning

 

Abstrak

 SDN Duri Kepa 17 Pagi dan SDN Jelambar 01 Pagi memiliki permasalahan atas nilai-nilai kompetensi pedagogik yang berfokus pada kemampuan memahami karakteristik anak didik. Hal ini disebabkan karena tidak terdapatnya program pengembangan kompetensi pedagogik bagi guru setelah lulus dari perkuliahan dan berbagai tantangan dan perkembangan era yang berpengaruh pada gaya belajar dan interaksi edukatif. Maka solusi yang ditawarkan adalah pendampingan Gerakan Literasi Pedagogik untuk karakteristik peserta didik. Metode pelaksanaan sosialisasi, pelatihan, evaluasi diri, paradigma pedagogik reflektif, eksplorasi, simulasi, dokumentasi, diskusi pertemanan, pemetaan dan praktek. Tujuan Target luaran: (a) Jasa pelatihan dan pendampingan pengetahuan hingga kepada terbentuknya kompetensi pedagogik, (b) Produk : Modul, Lembar kerja, matriks PPR, Jurnal Pertemanan, Matrikx Johari Window dan TSM, (c) HaKI, (d) Publikasi pada Jurnal Abdimas Universitas Esa Unggul dan tambahan proceding SNIPMD, (e) Publikasi pada repository Universitas Esa Unggul. Hasil yang diperoleh adalah peningkatan literasi pedagogik. Kesimpulannya adalah terdapatnya peningkatan: (a) Paradigma sekolah sebagai organisasi pembelajaran, (b) pengetahuan teori pedagogik, (c) variasi pendekatan mengajar, (d) variasi gaya mengajar, (e) model komunikasi, (f). Kemampuan mengidentifikasi karakteristik anak didik, (g) sikap melakukan entry behavior.

 

Kata kunci: gerakan literasi sekolah, gerakan literasi pedagogik, mutu pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Fedhusen, John. (1994). Talent Identification and Development in Education (TIDE) Journal Gilfied Education International. Vol 10. Pp. 10-18.

Galeb Iswan, Intan. Muhtar, Akip. M. (2015). Peningkatan Kompetensi Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas III Menggunakan Model Berbasis Paradigma Pedagogi Reflektif Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 3 (1)Juni. Pp. 38-47.

H. Appelbaum. Nadeau, David. Michael. (2012). Performance Evaluation In A Matrix Organization: A Case Study. Jurnal Industrial and Commercial Training. Vol. 41 No. 1. Pp. 10-13.

Hapsar, Iriani Indri. (2016). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Indeks.

Hartana, Albertus. Setyosari, Punaji. Kuswandi, Dedi. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Paradigma Pedagogi Ignatian (Reflektif) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Motivasi Berprestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidkan. Vol 1. No 4. Pp. 765=779.

Hernández-Torrano, Daniel. (2014). Characteristics Leading Teachers. Diunduh dari: file:///D:/ABDIMAS%20PEMB%20INTERNAL%20UEU%202018%20RATNA/BUKU%20DAN%20JURNA;%20LITERASI%20PEDAGOGIK/GiftedChildQuarterly-2013-Hernandez-Torrano-181-96.pdf

Joy Net. “Aspek dan Indikator Kompetensi Pedagogikâ€.

Kementerian Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2010). Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru). Jakarta. Bermutu profesi.org

Maya Puspita, Yulia. (2016). Educator Certified Teacher’s Reflective Action In SD Negeri Rejowinangun 1. Diunduh dari. file:///D:/ABDIMAS%20PEMB%20INTERNAL%20UEU%202018%20RATNA/BUKU%20DAN%20JURNA;%20LITERASI%20PEDAGOGIK/5387-11800-1-SM.pdf

Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di SD. Diunduh dari : http://www.dadangjsn. com/2016/05/buku-panduan-gerakan-literasi-sekolah.html

Pirto, Jane. (2011). Creativity For 21st Century Skills, How To Embed Creativity Into The Curriculum. USA. Sense Publisher.

Pownall, Ian. (2015). Securing Good Marks. A Guide For International Students and Their Tutors. Bookboon Publisher.

Pulungan, Intan. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru Melalui Penulisan Jurnal Reflektif Mengajar. Diunduh dari: file:///D:/ABDIMAS%20PEMB%20INTERNAL%20UEU%202018%20RATNA/BUKU%20DAN%20JURNA;%20LITERASI%20PEDAGOGIK/rgyt1428568619.pdf

Rahman, Bujang. (2014). Refleksi Diri Dan Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Paedagogia, Jilis 17. Nomor 1. Pp. 1 – 12.

Sindiker Dikti. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosenâ€

Suhartono. (2011). Design Development Learning Journal Reflection For The Media Elementary School Teacher In Conducting Classroom Action Research. Artikel ICDE, Pp. 13.32. http://file:///D:/ABDIMAS%20PEMB%20INTERNAL%20UEU%202018%20RATNA/BUKU%20DAN%20JURNA;%20LITERASI%20PEDAGOGIK/896-1672-1-SM.pdf

Sukoco, Iwan & Fadillah Rijal, Ashar. (2016). The Analysis of Talent Management Strategy Using Organizational Competency Approach in Pindad. Jurnal AdBispreneur. Vol 1 No. 1. Pp. 85-102.

Sri Pratini, Haniek. (2016). Implementasi Paradigma Pedagogi Reflektif Dalam pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Competence, Conscience dan Compassion Mahasiswa. Journal Elementary Sschool 3. Vol. 3 No. 1. ISSN 2338-980X.

Telling, Bernie. Charles Fadel. (2009). 21st Century Skills, Learning For Life in Our Times. Joosey Bass.

Wikipedia. “Pedagogiâ€.

Yuli Suseno, Paulus, Winarty, Eny, dan Wahyu Wido Sari. (2016). Pengembangan Materi Pendidikan Kesadaran Dan Kepedulian Lingkungan Menggunakan Model Conservation Scout Untuk Siswa Kelas III B SDN Jetis 1 Yogyakarta. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD). Vol 20 No. 2. Pp. 144-150.

Zulyetti. Reflektif Mengajar dan Manfaatnya Bagi Guru Dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Diunduh dari :https://amal-ikhlas. blogspot. co.id/2016/01/jurnal-reflektif-mengajar-dan.htm




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v5i1.2455

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats