INTEGRASI TEKNOLOGI DAN STRATEGI MEMBACADALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DI SMPN 220 DAN SMPN 274 JAKARTA

Noni Agustina

Sari


Abstract

SMPN 220 Jakarta and SMPN 274 Jakarta were chosen as the subjects of the community service because they were recommended by Suku Dinas Pendidikan Wilayah II, West Jakarta to be encouraged sustainably. They faced problems in conducting the literacy activities as the national program determined by ministry of education and culture. Those were the teachers’ professionality to provide the various interesting learning media and sources for literacy activities and engaging strategies to stimulate students’ motivation to read and learn. This program offered the training of technology integration and reading strategies to overcome those problems in order to reach the literacy goal effectively. The methods applied were lecturing, website exploration, simulation, discussion, demonstration and presentation. The result showed that teachers’ professionalism developed in terms of applying the learning media and sources and reading strategies and students’ motivation to read and learn gained.

 

Keywords: web-based technology, digital literacy, reading literacy

 

Abstrak

SMPN 220 Jakarta dan SMPN 274 Jakarta merupakan dua sekolah mitra program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim pengusul Universitas Esa Unggul. Kedua sekolah tersebut dipilih sebagai subyek program pengabdian kepada masyarakat karena merupakan sekolah yang direkomendasikan oleh Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Barat untuk dibina secara berkesinambungan. Terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh kedua sekolah mitra dalam rangka melaksanakan gerakan literasi sekolah yang merupakan program nasional yang dicanangkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan.Masalah-masalah tersebut adalah pengembangan profesionalisme guru yang perlu tingkatkan dan menumbuhkembangkan motivasi belajar dan membaca siswa, sumber belajar atau media belajar yang menarik dan variatif perlu difasilitasi, strategi-strategi atau aktivitas yang menarik perlu ditingkatkan. Solusi yang ditawarkan oleh tim pengusul adalah pelatihan integrasi teknologi dan strategi membaca merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam menumbuhkembangkan motivasi belajar dan membaca siswa sehingga tujuan literasi yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal. Metode yang digunakan dalam pelatihan integrasi teknologi dan strategi membaca adalah pemaparan/ ceramah, eksplorasi website, simulasi, diskusi, demonstrasi dan presentasi.Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah pengembangan profesionalisme guru dapat meningkat dalam menggunakan sumber dan media belajar dan strategi membaca yang efektif serta motivasi siswa dalam membaca dan belajar berkembang dengan baik.

 

Katakunci:teknologi berbasis web, literasi digital, literasi membaca


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Clementi, Lara Beth. (2015). reader theater. a motivating method to improve reading fluency. Kappan, 85.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016).Desain induk gerakan literasi sekolah.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016).Panduan gerakan literasi sekolahdi Sekolah Menengah Pertama.

Dee, W., Wood, K. D., Rickelman, R., William, B., Nichols, D., Karen, D., & Wood, D. (2001). Using technology to engagein reading witing recent research into the uses,32(5), 45–50.

Keehn, S. (2003). The effect of instruction and practice through readers theatre on young readers’ oral reading fluency. Reading Research and Instruction, 42(4), 40–61. https://doi.org/10.1080/19388070309558395

Keehn, S., Harmon, J., & Shoho, A. (2008). A study of readers theater in eighth grade: Issues of fluency, comprehension, and vocabulary. Reading and Writing Quarterly, 24(4), 335–362. https://doi.org/10.1080/10573560802004290

Klapwijk, N. (2016). Teachers’ own use of reading strategies: Does it transfer to their teaching? Language Matters, 47(2), 297–321. https://doi.org/10.1080/10228195.2016.1198826

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Spence, L. K. (2009). Developing Multiple Literacies in a Website Project. The reading teacher, 62(7), 592–597. https://doi.org/10.1598/RT.62.7.5




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v5i2.2581

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats