PELATIHAN IMPLEMENTASI SKILL-BASED SPORT MARKETING KEPADA MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI DALAM MEMASYARAKATKAN OLAHRAGA

Ipang Setiawan, Endro Puji Purwono, Cahyo Yuwono, Agus Pujianto

Sari


Abstract

Institutions of higher education is one of the rides at the shaper of human resources to prepare for and create a scholar who has a good quality. In the development of a science student who has obtained must have contribute to a broad audience, but all currently still encountered a student health physical education and recreation that can not apply the scholarship that has been gets, even a lot of scorn from the public about his friend even himself. Based on these problems then the servants give practical mentoring team application ability of students in the city of Semarang Freeday Car activities which aim to help students master the skills and knowledge the lecture material deployment techniques have been obtained to the community. From the IPTEKS in the program implemented for students PJKR FIK Unnes was well received by the partners and achieve the objectives previously planned as well as in aspects of the deployment capabilities of students can apply his ability to society with good and true, this indicates that the training delivery mentoring already quite well and students are able to master the material that has been given.

 

Keywords:Training, implementation, skill-based.

 

Abstrak

Lembaga Perguruan Tinggi merupakan salah satu wahana pembentuk sumber daya manusia untuk mempersiapkan dan menciptakan sarjana yang memiliki kualitas yang baik.Dalam perkembanganya seorang mahasiswa ilmu yang telah didapat harus mempunyai kontribusi bagi semua khalayak luas, namun saat ini masih banyak dijumpai mahasiswa pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi yang tidak dapat mengaplikasikan keilmuan yang telah didapatnya, bahkan banyak cibiran dari masyarakat sekitar bahkan temannya sendiri. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tim pengabdi memberikanpembekalan basic knowledge melalui pelatihan softskillkemampuan mahasiswa kepada masyarakat di kegiatan Car Freeday Kota Semarang yang bertujuan untuk membantumahasiswa dapat menguasai keterampilan dan pengetahuanteknikpengaplikasian materi perkuliahan yang telah didapat kepada masyarakat. Dari program IPTEKS yang diimplementasikan bagi mahasiswa PJKR FIK Unnes diterima dengan baik oleh pihak mitra dan mencapai tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya serta secara aspek pengaplikasian kemampuan mahasiswa sudah dapat mengaplikasikan kemampuannya kepada masyarakat dengan baik dan benar, hal ini menandakan bahwa pemberian pelatihan pendampingan sudah cukup baik dan mahasiswa mampu menguasai materi yang telah diberikan.

 

Kata kunci: Pelatihan, implementasi, skill-based.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badiatul Muchlisin Asti. (2009). Fun Outbound-Merancang Kegiatan Outbound Yang Efektif. Yogyakarta: Diva Press.

Buku penelitian dan pengabdian masyarakat Unnestahun 2016/ diunduh melalui lamanhttp://lp2m.unnes.ac.id/data-penelitian-dan-pengabdian-kepada-masyarakat-tahun-2016.html / pada 11/02/2018/ 11.22)

Daniel Goleman. (2007). Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Djamaludin Ancok. (2007). Outbound Management Training. Yogyakarta: UII Press Yogyakarta.

Nur Dyah Naharsari. (2008). Olahraga Pencak Silat. Jakarta: Ganeca Exact.

Pandji Oetojo. (2000). Pencak Silat. Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan.

simgakin.semarangkota.go.id/ diakses pada 11/02/2018/ 19.05




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v5i3.2701

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats