Strategi Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era New Normal

Ika Baskara

Sari


Pandemi virus corona atau Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya ini akan menimbulkan kondisi new normal, atau fase perubahan perilaku masyarakat dalam beraktivitas.  Pandemi ini  membuat terjadinya perubahan diberbagai aspek kehidupan termasuk kesehatan, sosial, dan ekonomi di Indonesia. Kemampuan adaptasi yang solid adalah kunci untuk melalui kondisi ini.  Adapun tujuan dari Pengabdian Pada Masyarakat ini adalah untuk memberikan solusi pada pelaku UMKM tentang strategi  yang harus dilakukan UMKM gunakan dalam  menghadapi era new normal  agar  tetap dapat  bertahan saat era new normal. Metode pelaksanaan kegiatan  ini   menggunakan metode seminar secara daring atau webinar, melalui Forum Ilmiah Dosen yang diselenggarakan pada tanggal 26 Agustus 2020, pukul 13.00 wib sampai dengan 15.00 wib. Strategi yang harus digunakan UMKM dalam menghadapi new normal  UMKM perlu memiliki manajemen yg terintegrasi dengan sistem komunikasi dan  sistem pembayaran. Selain lain itu  menciptakan inovasi, ciptakan pasar baru, susun rencana pemasaran. Sektor bisnis yang dinilai tahan krisis, antara lain Usaha Food & Baverage,  Usaha Kebutuhan Bahan Pokok,  Usaha Jasa/Produk Kesehatan,  Usaha Jasa Pendidikan dan Pelatihan Bisnis Digital. Pada era new normal, kegiatan ekonomi terutama UMKM perlahan bangkit dan mulai gencar mencari strategi baru dalam upaya bertahan dengan melalui beberapa strategi yang dilakukan.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v8i04.5358

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats