Strategi Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pada Era New Normal
Sari
Pandemi virus corona atau Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya ini akan menimbulkan kondisi new normal, atau fase perubahan perilaku masyarakat dalam beraktivitas. Pandemi ini membuat terjadinya perubahan diberbagai aspek kehidupan termasuk kesehatan, sosial, dan ekonomi di Indonesia. Kemampuan adaptasi yang solid adalah kunci untuk melalui kondisi ini. Adapun tujuan dari Pengabdian Pada Masyarakat ini adalah untuk memberikan solusi pada pelaku UMKM tentang strategi yang harus dilakukan UMKM gunakan dalam menghadapi era new normal agar tetap dapat bertahan saat era new normal. Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode seminar secara daring atau webinar, melalui Forum Ilmiah Dosen yang diselenggarakan pada tanggal 26 Agustus 2020, pukul 13.00 wib sampai dengan 15.00 wib. Strategi yang harus digunakan UMKM dalam menghadapi new normal UMKM perlu memiliki manajemen yg terintegrasi dengan sistem komunikasi dan sistem pembayaran. Selain lain itu menciptakan inovasi, ciptakan pasar baru, susun rencana pemasaran. Sektor bisnis yang dinilai tahan krisis, antara lain Usaha Food & Baverage, Usaha Kebutuhan Bahan Pokok, Usaha Jasa/Produk Kesehatan, Usaha Jasa Pendidikan dan Pelatihan Bisnis Digital. Pada era new normal, kegiatan ekonomi terutama UMKM perlahan bangkit dan mulai gencar mencari strategi baru dalam upaya bertahan dengan melalui beberapa strategi yang dilakukan.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.47007/abd.v8i04.5358
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]
View My Stats