PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU MENGENAI GIZI SEIMBANG DAN KETERAMPILAN MENYUSUN MENU MAKANAN ANAK PRASEKOLAH MELALUI KULIAH DI MEDIA WHATSAPP

Nany Suryani, Desya Medinasari Fathullah, Siti Fatimah, Maulida Safitri, Isni Norkhasanah

Sari


Anak prasekolah merupakan individu yang sedang mengalami proses perkembangan dan pertumbuhan fisik serta mental yang cukup banyak, oleh karena itu diperlukan asupan zat gizi sesuai dengan kebutuhan anak. Makanan yang dikonsumsi anak ditentukan oleh ibu yang menyiapkan menu makanannya, sehingga seorang ibu harus mampu menambah pengetahuan dan keterampilan dasar tentang menu makanan sehat dan begizi seimbang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di Taman Kanak-Kanak Bumble Bee Banjarbaru yang diikuti oleh 35 peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu terkait gizi pada anak prasekolah dengan cara edukasi gizi, demonstrasi menyusun dan mengolah menu makanan dengan prinsip gizi seimbang melalui media Whatsapp Group. Hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta sebanyak 57,2% yang didapatkan dari pre dan post-test. Kegiatan edukasi ini dapat diaplikasikan kepada keluarga, terutama pada ibu-ibu yang memiliki anak prasekolah.

Kata Kunci: Pengetahuan, Gizi Anak Prasekolah, Menu Makanan Anak Prasekolah, Media Sosial


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aulina, R. Gizi Seimbang dan Makanan Sehat Untuk Anak Usia Dini. Parenting Class di Isamic Baby School Playgroup and Child Care “Rumah Ibu”; 2011; 1-12.

Ferdiana S. Persepsi mahasiswa tentang penggunaan media daring pada program studi s1 ilmu gizi sekolah tinggi ilmu kesehatan surabaya selama masa pandemi corona virus disease (COVID-19). Indonesian Journal of Science Learning (IJSL). 2020 Juni; 1(1):5–12.

Kementerian Kesehatan RI. Pedoman gizi seimbang. 2014.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2013 Tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi. 2013.

Kominfo. Kominfo: 83% Pengguna Internet adalah Pengguna Whatsapp [Internet]. (https://www.gatra.com/detail/news/457263/teknologi/kominfo-83-pengguna-internet-adalah-pengguna-whatsapp#). 2019. [Accessed 7th December 2020].

Ratnaeni, Bukhari A, Hidayanty H, Bahar B, Mastuti NLPH. Pengaruh edukasi media whatsapp tentang gizi laktasi, inovasi uteri dan lochea terhadap pengetahuan sikap dan perilaku ibu nifas. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan. 2021 Feb;8(1):20-33.

Sholikhah Desty Muzarofatus. Peningkatan Pengetahuan Ibu Mengenai Gizi Pada Anak Sekolah Melalui Media Whatsapp Group. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia. 2021 Juni;01(02):14-21.

Trisnani. Pemanfaatan whatsapp sebagai media komunikasi dan kepuasan dalam penyampaian pesan dikalangan tokoh masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika. 2017 Nov; 6(3):1-12.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v9i01.5820

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats