PENDIDIKAN KESETARAAN GENDER BERBASIS ISLAM: UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI SMAN 1 SIKUR, LOMBOK TIMUR

Agus Kurnia, Baiq Larashati, Dewi Rindiani, Dina Rizki Amelia

Sari


Isu kesetaraan gender merupakan isu yang sangat penting diperhatikan mengingat kasus kekerasan perempuan di Nusa Tenggara Barat (NTB) masih menjadi kasus yang tertinggi di antara daerah lain. Berdasarkan analisis kami, masih banyak pelajar yang belum memahami konsep kesetaraan gender, sehingga kegiatan sosialisasi terkait dengan Pendidikan Kesetaraan Gender Berbasis Islam ini bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait dengan kesetaraan Gender. Kegiatan pengabdian ini merupakan kegiatan pembelajaran berbasis proyek mahasiswa baru Ilmu Komunikasi dalam mata kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI). Kegiatan yang dilakukan di SMAN 1 Sikur, Lombok Timur ini bertujuan untuk mengedukasi para siswa tentang pentingnya kesetaraan gender di lingkungan masyarakat terutama pada kalangan pelajar. Sosialisasi kegiatan ini dilakukan dengan cara menjelaskan hambatan-hambatan spesifik yang dihadapi remaja, termasuk stereotip gender dan norma sosial disertai gambaran kompleks dengan berbagai studi kasus yang terjadi di masyarakat. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat positif dalam meningkatkan pemahaman para siswa mengenai urgensi kesetaraan gender sehingga dapat merangsang pemikiran kritis dan aksi progresif di kalangan siswa SMA untuk mempercepat perubahan menuju masyarakat yang lebih inklusif dan setara secara gender sehingga peran perempuan dan laki-laki bisa seimbang dan terintegrasi untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Kata Kunci


Pengabdian Mahasiswa; Pendidikan Agama Islam; Kesetaraan Gender; Sosialisasi; SDGs

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akip. (2020). Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Islam. Edification Journal, 3(1), 73–83. https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.222

Amiruddin, May Sarah, Indah Vika, Hasibuan, Sari Sipahutar, Elsa Manora Simamora, & Naskah. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 210–219. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i1.1596

Badan Pusat Statistik. (2023). Indeks Ketimpangan Gender (IKG) 2022. Badan Pusat Statistik Indonesia. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2023/08/01/2042/indeks-ketimpangan-gender--ikg--2022.html

Fatonah. (2023). Gender Sebagai Analisis Sosial Masa Kini - KUTUB. Kutub.Id. https://kutub.id/gender-sebagai-analisis-sosial-masa-kini/

GSR. (2023). Ada 1.022 Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan Dewasa dan Anak di NTB selama 2022. NTBsatu.Com. https://ntbsatu.com/2023/01/02/ada-1-022-kasus-kekerasan-terhadap-perempuan-dewasa-dan-anak-di-ntb-selama-2022.html

Hafid. (2023). Peran Perempuan Bagi Pendidikan Anak Menurut Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Khazanah Keagamaan, 11(1). https://blamakassar.e-journal.id/pusaka/article/download/1009/467

Hakim. (2023). Kesetaraan Gender dalam Perspektif Hukum Islam. The Indonesian Journal of Islamic Law and Civil Law, Vol. 4(No. 1), 57–76.

Halizah, Faralita, Negeri, & Banjarmasin. (2023). Budaya Patriarki Dan Kesetaraan Gender. Wasaka Hukum, 11(1), 19–32.

https://www.ojs.stihsa-bjm.ac.id/index.php/wasaka/article/view/84

Handayani. (2023). LPA Catat Ada Ratusan Kasus Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan di NTB - INSIDELOMBOK. Inside Lombok. https://insidelombok.id/berita-utama/lpa-catat-ada-ratusan-kasus-kekerasan-terhadap-anak-dan-perempuan-di-ntb/

Harris, & Muhtar. (2019). The concept of gender equality in Islam and the west. Afkar, 21(2), 33–74. https://doi.org/10.22452/afkar.vol21no2.2

Kasim. (2022). Peredaan Praktek Diskriminasi Berbasis Gender oleh Prinsip-prinsip Keagamaan. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 2(2), 271–278. https://doi.org/10.15575/jis.v2i2.18514

Khayati. (2008). Pendidikan dan Independensi Perempuan. Musãwa Jurnal Studi Gender Dan Islam, 6(1), 19. https://doi.org/10.14421/musawa.2008.61.19-35

KKN UNDIP. (2022). Wujudkan SDGs, Siswa-siswi SMK Gondang Siap Tanamkan Nilai Kesetaraan Gender di Sekolah. KKN UNIVERSITAS DIPONEGORO. http://kkn.undip.ac.id/?p=315042

KOMPAK. (2018). Strategi Kesetaraan Gender & Inklusi Sosial Kompak 2017-2018.

Magdalena, Nurul Annisa, Ragin, & Ishaq. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Masruri. (2012). Peran Sosial Perempuan Dalam Islam: Kajian Historis-Normatif Masa Nabi Dan Khulafa’ Rasyidun. Egalita, 22–42. https://doi.org/10.18860/egalita.v0i0.2110

Nurlina. (2019). Peran Wanita Dalam Pendidikan Anak Perspektif Islam. An-Nisa, 10(1), 82–91. https://doi.org/10.30863/annisa.v10i1.386

Puspitasari. (2023). Kemenko PMK tekankan pentingnya peran keluarga dalam pembangunan SDM. ANTARA News. https://www.antaranews.com/berita/3540912/kemenko-pmk-tekankan-pentingnya-peran-keluarga-dalam-pembangunan-sdm

Rafsanjani. (2021, September 18). Pulau Lombok, Julukan Pulau Seribu Masjid. https://firstlomboktour.com/wisata-pantai/pulau-seribu-masjid#:~:text=Dengan luas Pulau Lombok sekitar,besar dan 5.184 Masjid kecil.

Rahmiati, Firman, & Ahmad. (2021). Implementasi Pendidikan sebagai Hak Asasi Manusia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10160–10165.

Salma. (2023). Kesetaraan Gender: Membangun Masyarakat yang Adil dan Inklusif. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/daisysalma/64796a4e08a8b52f306b9692/kesetaraan-gender-membangun-masyarakat-yang-adil-dan-inklusif

Sekretariat Nasional SDGs. (2023). Perempuan dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). World Health Organitation. https://sdgs.bappenas.go.id/perempuan-dan-tujuan-pembangunan-berkelanjutan-sdgs/

Sinombor. (2023). Diskriminasi dan Kekerasan Menjerat Perempuan. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/07/26/diskriminasi-dan-kekerasan-masih-menjerat-perempuan-indonesia

Sipayung. (2023). Pendidikan Kesetaraan Gender dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Pendekatan Library Research. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(1), 98. https://doi.org/10.24014/jiik.v13i1.22076

Sopian. (2023). Tantangan Gender Dalam Pendidikan Islam di Pulau Lombok. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(05), 514–527. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i05.1844

Syuhudi. (2022). Berbagi Kuasa: Kesetaraan Peran Suami Istri dalam Rumah Tangga. Mimikri Jurnal Agama Dan Kebudayaan, 8(1), 207–229.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v10i04.7418

Refbacks



Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats