PENGGUNAAN TEKNIK MIND-MAPPING SEBAGAI STRATEGI MEMPELAJARI KOSAKATA BAHASA INGGRIS

Yuni Hariyanti, Junita Duwi Purwandari

Sari


Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di Panti Asuhan Nurul Iman, Cinere, Depok, Jawa Barat ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa dengan teknik mind-mapping sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memudahkan dalam menghafal kosakata dalam Bahasa Inggris. Pelatihan penggunaan teknik mind-mapping diikuti oleh siswa/i kelas 7, 8, dan 9. Penelitian kualitatif sederhana yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan observasi dan wawancara kelompok sebagai sumber data. Hasil yang didapatkan adalah penggunaan teknik mind-mapping mampu membantu siswa mengingat kosakata yang diberikan. Meskipun demikian, ditemukan juga bahwa teknik ini masih sulit diterapkan karena siswa belum terbiasa dengan penggunaannya.

Kata Kunci


Mind-mapping; kosakata; pembelajaran Bahasa Inggris

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adha, A., Andriani, D., & Dania, R. (2021). Pelatihan strategi meningkatkan kosakata Bahasa Inggris menggunakan crossword puzzle pada siswa SDN 20 Nan Sabaris Pariaman. Jurmas Sosial Dan Humaniora, 2(1), 73–78.

Buzan, T. (2010) Mind-maps for kids: an introduction. Harper Thomas: London

Feng, R., Alsager, H.N., Azizi, Z., Sarabani, L. (2023). Impact of mind-mapping technique on EFL learners’ vocabulary recall and retention, learning motivation, and willingness to communicate. Heliyon. 9. 1-13. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e16560

Frihatmawati, R., Dhini, U. R., & Dewa, F. S. (2023). Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa Pemanfaatan Media Flashcard Untuk Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris. Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 1(3), 124–128. https://doi.org/10.56854/jphb.v1i3.110

Jiang, Y. (2020) Application of the Mind Map in Learning English Vocabulary. Open Access Library Journal, 7, 1-4. doi: 10.4236/oalib.1106484.

Michalko, M. (2001). Cracking creativity: The secrets of creative genius: Ten Speed Press: Berkeley

Schmitt, M. (2014). Size and depth of vocabulary knowledge: What the research shows. Language Learning, 64(4). 913-951.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v10i04.7470

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats