PELATIHAN PEMASARAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN BISNIS PUSAT PENGEMBANGAN ANAK (PPA) IO756 GEREJA SETIA BAKTI DI KEDIRI
Sari
Pemanfaatan teknologi informasi saat ini sudah berkembang pesat dan merambah ke bidang pemasaran bagi para pelaku usaha, namun masih banyaknya ketertinggalan informasi dan pengetahuan akan masuknya pola perilaku bisnis yang kian berkembang dan maju. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini kami mengajak anak-anak Pusat Pengembangan Anak (PPA) Setia Bakti untuk sama-sama belajar dan mengenal tentang pemanfaatan teknologi saat ini dalam pemasaran bisnis. Pengabdian ini menggunakan pendekatan service learning guna mewujudkan kegiatan pengabdian masyarakat ini. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku bisnis di Pusat Pengembangan Anak Setia Bakti yang berada di Kediri adalah masalah pemasaran dan keterampilan menggunakan teknologi. Para pelaku bisnis di pusat Pengembangan Anak sangat membutuhkan pemahaman mengenai pengembangan usaha berbasis teknologi, sehingga dapat bersaing dengan usaha-usaha lain guna meningkatkan optimalisasi dalam menjalankan pemasaran bisnis dalam sektor bisnis apa pun. Upaya yang dilakukan adalah memberikan pengajaran dalam bentuk pelatihan dan pemaparan materi tentang dasar pemasaran bisnis, mengukur kelebihan dan kekurangan bisnis yang dapat dijadikan kekuatan, menjabarkan alat-alat yang dapat digunakan untuk optimalisasi pemasaran bisnis dan pelatihan dengan mempraktekkan langsung proses pembuatan konten untuk pemasaran bisnis dengan menggunakan alat-alat yang sudah kami jelaskan pada saat pemaparan materi mengenai pemasaran era digital. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pemasaran digital sangat membantu meningkatkan penjualan produk dari Pusat Pengembangan Anak tersebut.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afina, S. (2023, March 21). Tahun berganti, resesi
menanti, UMKM jadi solusi. Kementerian Ke¬uangan Republik Indonesia. https://www. djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-banten/baca-artikel/15988/Tahun-Berganti-Resesi-Me nanti-UMKM-Jadi-Solusi.html
Al Farisi, S., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). Peran UMKM (usaha mikro kecil menengah) da¬lam meningkatkan kesejahteraan masyara¬kat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9 (1), 73-84. https://doi.org/10.53429/jdes.v9i No.1.307
Data Reportal. (2019, Feb 3). Digital 2019 Indone¬sia. https://www.slideshare.net/DataReportal /digital-2019-indonesia-january-2019-v01
Junaedi, A., Bramasta, R. A., Jaman, U. B., & Ar-dhiyansyah, A. (2023). The effect of digital marketing and e-commerce on increasing sa¬les volume. Proceedings of the International Conference on Economics, Management, and Accounting (ICEMAC 2022), 135–150. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-226-2_12
Medkom. (2018). Maranatha news. Re¬tri¬ev¬ed from https://news.maranatha.edu/service-learning -aplikasi-studi-bagi-masyarakat
Nusanti, I. (2014). Strategi service learning: Sebuah ka¬jian untuk mengembangkan kegiatan pem¬ belajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebu¬da¬ya¬an, 20(2), 255-256.
Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan digital mar¬keting bagi usaha mikro, kecil, dan me¬nengah (UMKM) desa Tales kabupaten Ke¬di¬ri. Generation Jo¬u¬r¬nal, 4(1), 41-47. https: //doi.org/10.29407/ gj.v4i1.13906
DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v10i04.7605
Refbacks
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]
View My Stats