PELATIHAN PEMASARAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN BISNIS PUSAT PENGEMBANGAN ANAK (PPA) IO756 GEREJA SETIA BAKTI DI KEDIRI

Vanessa Patricia Tanlain, James Wijaya, Moreno Nicholas, Eddy Madiono Sutanto

Sari


Pemanfaatan teknologi informasi saat ini sudah berkembang pesat dan merambah ke bidang pe­­ma­sar­an bagi para pelaku usaha, namun masih banyaknya ketertinggalan informasi dan pe­­­ngetahuan akan ma­suknya pola perilaku bisnis yang kian berkembang dan maju. Pada ke­gi­atan pengabdian masya­ra­kat ini kami mengajak anak-anak Pusat Pengembangan Anak (PPA) Setia Bakti untuk sama-sama be­lajar dan mengenal tentang pemanfaatan teknologi sa­at ini da­lam pemasaran bisnis. Pengabdian ini meng­gunakan pendekatan service learning gu­na mewujudkan kegiatan pengabdian masyarakat ini. Salah satu permasalahan yang diha­da­pi oleh para pelaku bisnis di Pusat Pengembangan Anak Setia Bakti yang berada di Kediri ada­lah masalah pemasaran dan keterampilan menggunakan teknologi. Pa­ra pelaku bisnis di pu­­sat Pengembangan Anak sangat membutuhkan pemahaman mengenai pe­ngem­bangan usa­ha berbasis teknologi, sehingga dapat bersaing dengan usaha-usaha lain guna mening­kat­kan op­ti­malisasi dalam menjalankan pemasaran bisnis dalam sektor bisnis apa pun. Upaya yang di­la­kukan adalah memberikan pengajaran dalam bentuk pelatihan dan pemaparan materi ten­tang dasar pe­masaran bisnis, mengukur kelebihan dan kekurangan bisnis yang dapat dijadi­kan kekuatan, menja­bar­kan alat-alat yang dapat digunakan untuk optimalisasi pemasaran bis­­nis dan pelatihan dengan mem­prak­tekkan langsung proses pembuatan konten untuk pema­sar­an bisnis dengan menggunakan alat-alat yang sudah kami jelaskan pada saat pemaparan ma­teri mengenai pemasaran era digital. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pemasaran di­gi­tal sangat membantu meningkatkan penjualan produk dari Pusat Pengembangan Anak ter­se­but.


Kata Kunci


digital marketing, UMKM, media sosial.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afina, S. (2023, March 21). Tahun berganti, resesi

menanti, UMKM jadi solusi. Kementerian Ke¬uangan Republik Indonesia. https://www. djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-banten/baca-artikel/15988/Tahun-Berganti-Resesi-Me nanti-UMKM-Jadi-Solusi.html

Al Farisi, S., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). Peran UMKM (usaha mikro kecil menengah) da¬lam meningkatkan kesejahteraan masyara¬kat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9 (1), 73-84. https://doi.org/10.53429/jdes.v9i No.1.307

Data Reportal. (2019, Feb 3). Digital 2019 Indone¬sia. https://www.slideshare.net/DataReportal /digital-2019-indonesia-january-2019-v01

Junaedi, A., Bramasta, R. A., Jaman, U. B., & Ar-dhiyansyah, A. (2023). The effect of digital marketing and e-commerce on increasing sa¬les volume. Proceedings of the International Conference on Economics, Management, and Accounting (ICEMAC 2022), 135–150. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-226-2_12

Medkom. (2018). Maranatha news. Re¬tri¬ev¬ed from https://news.maranatha.edu/service-learning -aplikasi-studi-bagi-masyarakat

Nusanti, I. (2014). Strategi service learning: Sebuah ka¬jian untuk mengembangkan kegiatan pem¬ belajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebu¬da¬ya¬an, 20(2), 255-256.

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan digital mar¬keting bagi usaha mikro, kecil, dan me¬nengah (UMKM) desa Tales kabupaten Ke¬di¬ri. Generation Jo¬u¬r¬nal, 4(1), 41-47. https: //doi.org/10.29407/ gj.v4i1.13906




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v10i04.7605

Refbacks



Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats