SOSIALISASI PENGEMBANGAN KETRAMPILAN GUNA MENDORONG PERTUMBUHAN UMKM DI DESA CANDEN

Selamet Hartanto, Irwan Arya Putra, Muhammad Shiddiq Eka Muharom

Sari


Peran UMKM sangat menentukan pertumbuhan ekonomi di Desa Canden. Peran penting yang diambil oleh masyarakat terhadap perkembangan  UMKM ini harus medapat perhatian oleh akademisi, pemerintah dan pelaku UMKM itu sendiri. Peran penting perkembangan UMKM ini, harus ada perubahan perilaku masyarakat yang dapat memajukan UMKM di daerahnya. Peningkatan UMKM juga perlu didukung oleh jiwa kewirausahaan masyarakat. Upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan dilakukan salah satunya melalui Sosialisasi Pemberdayaan UMKM yang telah dilaksanakan pada hari Jum’at 28 Juli 2023 pukul 12.30-15.00 WIB di pendopo Kalurahan Canden, Jetis, Bantul. Sasaran utamanya adalah masyarakat Desa Canden. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan media tatap muka dan diskusi ini mengambil tema “Mengasah Keterampilan Guna Mendorong Pertumbuhan UMKM”, dimana peserta adalah masyarakat yang telah memiliki usaha dengan skala mikro dan menengah. Peserta juga dapat mempelajari materi secara offline maupun online dari hasil rekaman yang telah dibuat. Pada kegiatan ini membahas tentang jenis wirausaha dan bisnis  yang dapat dilakukan oleh masyarakat dimasa sekarang ini misalnya online shop, bisnis Kuliner, serta bisnis kebutuhan bahan pokok. Kunci utama menjalankan bisnis di masa sekarang ini yaitu mau mencoba peluang bisnis, terus berusaha, melakukan inovasi & ide kreatif. Kegiatan ini sekaligus untuk menumbuhkan keinginan berwirausaha.

 


Kata Kunci


UMKM, Kewirausahaan, Sosialisasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adya Utami Syukri, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 170-182.

Ardansyah, H. P. (2023). PENGEMBANGAN UMKM TOKO KELONTONG KONVENSIONAL SRC TATA DI BANDAR LAMPUNG. Jurnal Pengabdian UMKM Volume 2 Nomor 2, 104-112.

Nurul Widhanita Y. Badilla, P. E. (2023). ANALISIS PENINGKATAN PEREKONOMIAN UMKM (Studi Kedai Kopi Ceritakan Kota Merauke). JPU Jurnal Pengabdian UMKM, 131-136.

Sulfati, A. (2018). Efektivitas Pengembangan Usaha Mikro Di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 59-69.

Supriyanto. (2006). PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN

MENENGAH (UMKM) SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 1-16.

TAMBUNAN, T. (2012). USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI INDONESIA : ISU-ISU PENTING. Jakarta: LP3ES.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v10i05.7704

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats