Strategi Branding bagi Pelaku UMKM Taman Toga Ngupoyo Sehat
Sari
Taman Toga Ngupoyo Sehat yang terletak Padukuhan Ngelosari, Piyungan sudah sejak lima tahun yang lalu mengembangkan budidaya tanaman sehat. Tempat budidaya sekaligus dipoles menjadi tempat nongkrong sembari menikmati minuman khas Taman Toga yakni jamu herbal yang diolah secara alami. Produk atau luaran yang dihasilkan tidak dapat dipandang sebelah mata. Padukuhan yang berperan produsen sekaligus pengelola masih terdapat kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai. Produk UMKM ini berupa taman, tanaman obat dan jamu herbal yang masih belum dikenal secara luas. Program pelatihan dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dan mutu SDM anggota UMKM Taman Toga guna meningkatkan pemasaran baik kunjungan dan penjualan produk jamu alaminya. Dalam kegiatan pengabdian Masyarakat ini, para pengurus dan juga pengelola diberikan seminar dan sosialisasi terkait pentingnya branding. Materi yang disampaikan terkait cara membangun brand yang tepat untuk UMKM sehingga diharapkan mampu menjadi jembatan atau menunjang peningkatan mutu dan kualitas SDM di Taman Toga. Tujuan pelatihan ini nantinya terdapat peningkatan kunjungan dan penjualan terkait produk dapat tercapai.
Kata Kunci: branding, brand, UMKM, digital marketing, strategi.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alfian. 2012. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kidjang Inova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman Makasar. Skripsi. Makasar: Universitas Hasanuddin Makasar
Azizi, Muhammad, Hesti Umiyati, Lucky Nugroho, Annisa Retno Utami, Acai Sudirman, Lina Aryani, Rudi Irwansyah, Purbowo, Siti Mardiana, Ferdinandus Lidang Witi, Chairani Putri Pratiwi, Syahputra, Ita Musfirowati Hanika, and Deavvy M. R. Y. Johassan. 2020. Effective Digital Marketing. Vol. 5.
Dewi, Wayan Weda Asmara, and Fitria Avicenna. 2020. “Social Media Marketing: Consumer Behavior on The Cruelty Free Concern of Beauty Brand.” Jurnal Ilmu Komunikasi 17(1):95. doi: 10.31315/jik.v17i1.2379.
Hadi, Demaz Fauzi, and Kiki Zakiah. 2021. “Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi.” Competitive 16(1):32–41.
Horan, G., O’Dwyer, M., & Tiernan, S. 2011. Exploring management perspectives of branding in service SMEs. Journal of Services Marketing,25 (2), 114–121. https://doi.org/10.1108/08876041111119831
Hoyer, W. D., & Brown, S. P. 1990. Effects of Brand Awareness on Choice for a Common, Repeat-Purchase Product. Journal of Consumer Research, 17, 141–148.
Khomariah, Nuril Esti, and Puteri Noraisya Primandari. 2021. “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Pelaku Usaha Toko Ikan ‘Sub Aquatic’ Sebagai Strategi Digital Marketing.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(3):795–801. doi: 10.31949/jb.v2i3.1393.
Kottler, Philip & Keller, L, Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran; edisi keduabelas; jilid 1.Terjemahan Benyamin Molan. Jakarta.
Prabowo, Heri, Senowarsito, AB Prabowo, and Ika Indriasari. 2022. “Pembuatan Konten Marketing Produk BUMDES Untuk Peningkatan Minat Dan Keputusan Pembelian.” Jurnal Pengabdian Mandiri 1(4):583–88. Sadya, Sarnita. 2023. “Pengguna Instagram RI Terbesar Keempat Di Dunia Pada Awal 2023.” Dataindonesia.Id. Retrieved (https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-instagram-ri-terbesar-keempat-di-dunia-pada-awal-2023.).
DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v10i05.7826
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]
View My Stats