PELATIHAN PARIWISATA MENUJU LAYANAN BERKUALITAS DI KAMPUNG BUDAYA BETAWI SETU BABAKAN JAKARTA

Sofiani Sofiani, Roozana Maria Ritongan, Supina Supina, Feronika Berutu

Sari


Kegiatan pariwisata yang menggunakan budaya sebagai obyeknya dikenal dengan wisata budaya, yang sekarang ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain atraksi, aksesibilitas, amenitas, dan jasa pendukung pariwisata, pelayanan yang baik dan sumber daya manusia (SDM) turut berperan pada daya tarik wisata ini agar dapat memberikan layanan yang berkualitas dan dapat bersaing dengan kampung wisata budaya lainnya. Perkampungan Betawi Setu Babakan adalah tempat dimana pengunjung dapat melihat dan berinteraksi dengan kebudayaan Betawi secara lengkap antara lain yaitu; tarian, musik, teater, prosesi budaya dan silat Betawi. Acara dilakuan pada hari juamt, 3 November 2023 di area aula Kampung Betawi Setu Babakan kegiatan di mulai dengan kata sambutan dari perwakilan pengurus setu babakan dan Ketua Kegiatan PKM dari Universitas Bunda Mulia Ibu Roozana. Kemudian setelah ramah tamah di mulailah kegiatan pemaparan materi mengenai Pengenalan Pariwisata, English for Tourism, Sapta Pesona, Layanan Prima, Appetizer Demo. Berdasarkan perhitungan hasil kuesioner yang di berikan kepada peserta sebanyak 20 orang untuk seluruh materi maka katagori Edukatif (Kegiatan Abdimas bermanfaat dan menjawab kebutuhan Peserta) hasil rata-rata kuesioner adalah sebesar 3,53, Objektif (Materi yang disampaikan sesuai dengan kondisi dan masalah yang dihadapi peserta) hasil rata-rata kuesioner sebesar 3,47, Akuntabel (Materi disampaikan dengan jelas dan dapat dipahami oleh peserta) hasil rata-rata kuesioner sebesar  3,70%, Transparan (Peserta dilibatkan secara aktif dalam pelaksanaan kegiatan) hasil rata-rata kuesioner sebesar  3,60%.


Kata Kunci


Pariwisata, Layanan Prima, Sapta Pesona

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agushinta, L., & Wijaya, R. A. K. (2016). Pengaruh penerapan kesehatan dan keselamatan kerja terhadap kecelakaan kerja karyawan. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik, 2(2), 287-295.

Hamzah, Faizal dan Eko Tri Utomo. 2016. Implementasi Sapta Pesona pada Museun Mandala Wangsit Siliwangi Kota Bandung. Jurnal Pariwisata. Vol III No. 2. Bandung : BSI.

Koen Meyers. 2009. Panduan Dasar Pelaksanaan Ekowisata. Jakarta: Unesco Office.

Kurniansah, R. 2016. Persepsi Dan Ekspektasi Wisatawan Terhadap Komponen Destinasi Wisata Lakey-Hu’U, Kabupaten Dompu. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), January 1970.

Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v11i01.7873

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats