PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL BUSINESS PLAN MODEL CANVAS GUNA MEMBANGUN AWARENESS WIRAUSAHA PADA GURU MGMP PKWU DI KABUPATEN MAGELANG

Maimun Sholeh, Aula Ahmad Hafidh Saiful Fikri, Nenden Susilowati, Mustofa Mustofa, Lilia Pasca Riani

Sari


Kewirausahaan harus dibangun dengan praktek langsung kewirausahan karena jiwa wirausaha tidak bisa tumbuh tiba-tiba. Siswa yang akan memulai karir setelah lulus dari sekolah merupakan dimensi yang penting dalam rangka menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan. Para siswa jarang yang memiliki gambaran tentang wirausaha sehingga diperlukan pelatihan tentang entrepreneurship. Langkah pertama dimulai dengan mengenalkan para siswa dengan kewirausahaan dan perencanaan bisnis menggunakan business plan model canvas.  Tujuan kegiatan pengabdian adalah pelatihan penyusunan business plan model canvas sebagai upaya membangun awareness mengenai wirausaha pada MGMP PKWU di Kab. Magelang. Metode kegiatan berbentuk workshop dilanjutkan dengan pendampingan.  Sasaran kegiatan adalah guru SMA Bidang Studi PKWU di kab. Magelang.  Pelatihan tersebut menghasilkan empat temuan. Pertama, kegiatan PPM dapat berjalan dengan baik dan lancar serta penilaian peserta terhadap pelaksanaan PPM juga sangat baik. Kedua, para peserta merasakan peningkatan pemahaman terkait strategi dalam menyusun proposal business plan model canvas. Ketiga, motivasi dan semangat mengikuti pelatihan sangat tinggi karena respon yang diberikan peserta sangat aktif selama proses pelatihan dan pendampingan. Keempat, peserta pengabdian merasa senang dan puas dengan kegiatan pengabdian ini dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan dimasa yang akan datang.


Kata Kunci


Business, Plan, Canvas, Awareness

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cardella, G. M., Hernández-Sánchez, B. R. and Sánchez García, J. C. (2020) ‘Entrepreneurship and Family Role: A Systematic Review of a Growing Research’, Frontiers in Psychology, 10(January), pp. 1–17. doi: 10.3389/fpsyg.2019.02939.

Gao, Y. et al. (2020) ‘Exploring Creative Entrepreneurs’ IEO: Extraversion, Neuroticism and Creativity’, Frontiers in Psychology, 11(August), pp. 1–12. doi: 10.3389/fpsyg.2020.02170.

Hambali, A. and Andarini, S. (2021) ‘Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (Bmc) Dan Swot Analysis Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada Piring Seng Coffee & Co Tunjungan Surabaya’, Journal of Applied Business Administration, 5(2), pp. 131–142. doi: 10.30871/jaba.v5i2.2969.

Kusmana, A. and Ali, S. (2023) ‘Pelatihan Pembuatan Business Plan dan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Desa Jayagiri Kecamatan Lembang’, … Wisnu: Indonesian Journal …, 3(1), pp. 56–64. Available at: http://batarawisnu.gapenas-

publisher.org/index.php/home/article/view/147%0Ahttps://batarawisnu.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/download/147/139.

Maulidah, H. et al. (2022) ‘Pelatihan Penyusunan Business Model Canva Sebagai Upaya Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan (Entrepreneurship) Siswa SMK Astrindo Kota Tegal’, Jurnal Abdimas PHB, 5(1), pp. 148–153.

Simanjuntak, M. (2021) ‘Designing of Service Dominant Logic and Business Model Canvas: Narrative Study of Village Tourism’, Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 1(2), pp. 73–80. doi: 10.52970/grmapb.v1i2.60.




DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v11i01.8046

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

Web Analytics View My Stats