UPAYA PENGENALAN POTENSI DIRI PADA ANAK & REMAJA DI WILAYAH KECAMATAN PALMERAH JAKARTA BARAT
Sari
Setiap anak dan remaja memiliki potensi diri yang unik dan dapat berkembang dengan dukungan yang tepat dari lingkungan sekitar, termasuk keluarga, teman, dan sekolah. Penting bagi anak dan remaja untuk mengenali potensi diri mereka dan mengembangkan kemampuan yang mereka miliki untuk mencapai tujuan hidup dan menjadi individu yang berkualitas. Dalam mengembangkan potensi diri remaja, peran orang tua menjadi sangat penting untuk memberikan dukungan, bimbingan, dan dorongan agar anak dan remaja dapat mengoptimalkan potensi diri mereka. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai potensi diri yang dimiliki anak dan remaja di wilayah Palmerah, Jakarta Barat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan mitra sebanyak 20 orang anak dan remaja dengan rentang usia 10-13 tahun guna memetakan potensi diri yang dimiliki. Sedangkan kepada orangtua diberikan pemahaman potensi diri dan bagaimana mengarahkan potensi yang dimiliki oleh anak dan remaja secara tepat.
Kata kunci: Potensi Diri, Psikoedukasi, Anak dan Remaja
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Gunarsa, S. (1990). Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Kartono. (2010). Patologi Sosial 2. Kenakalan Remaja. Jakarta: CV. Rajawali Expres.
Latipun. (2001). Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.
Masyhud. (2023). Cegah Kenakalan di Kalangan Pelajar. Diunduh dari https://www.umm.ac.id/id/arsip-koran/bhirawa/cegah-kenakalan-di-kalanganpelajar.html pada tanggal 25 Agustus 2023.
Mussen. (1994). Perkembangan dan Kepribadian Anak. Jakarta: Arcan Noor.
Napitupulu, E. L. (2023, Agustus 23). Sekolah Diajak Serius Melawan Kekerasan. Kompas. Diakses dari https://www.kompas.id/baca/humaniora/ 2023/08/08/sekolah-diajak-serius- melawan-kekerasan
Palupi, D.R. (2013). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Persepsi terhadap Pola asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Psikologi Angkatan 2010 Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(01).
Winkel, W.S dan Hastuti, S. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan Yogyakarta: Media Abadi.
Yahaya, Azizi. (2020). Memahami Personaliti Remaja. Kinabalu: Penerbit Universiti Malaysia Sabah.
DOI: https://doi.org/10.47007/abd.v11i03.8991
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]