PEREMPUAN DAN TRANSFORMASI DIGITAL: PENGUATAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA, PEMASARAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DI UMK KELURAHAN DURI KEPA
Sari
Abstrak
Digitalisasi proses bisni memberikan peluang sekaligus tantangan bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) perempuan di Indonesia. Untuk dapat bertahan dan berkembang, UMK perempuan dituntut memiliki kemampuan adaptif terhadap perkembangan teknologi. Namun, rendahnya literasi digital dan keterbatasan akses informasi membuat banyak pelaku UMK perempuan belum optimal dalam memanfaatkan teknologi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan UMK perempuan di Kelurahan Duri Kepa Jakarta Barat melalui penyuluhan tentang penguatan karakter kewirausahaan dan sumber daya manusia adaptif, pemasaran digital, serta pencatatan keuangan berbasis aplikasi digital. Metode pelaksanaan meliputi ceramah interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap pentingnya digitalisasi dalam pengelolaan usaha, meskipun penerapan praktis masih memerlukan pendampingan lanjutan. Program ini membuktikan pentingnya peran aktif perguruan tinggi dalam mendukung pemberdayaan ekonomi berbasis digital bagi pelaku UMK perempuan.
Kata kunci : pemasaran digital, keuangan digital, usaha mikro dan kecil, sumber daya manusia
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.47007/abd.v11i5.9469
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]