Analisis Preferensi Orang Tua Siswa Terhadap Jasa Pendidikan SLTP Budaya di Jakarta Barat
Sari
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terus menurunnya jumlah siswa SLTP Budaya dalam 4 tahun ajaran terakhir. Kondisi yang demikian mengharuskan SLTP Budaya untuk mempelajari perilaku pelanggannya supaya di masa yang akan datang jasa pendidikan yang ditawarkan tepat, sesuai dengan preferensi pelanggannya tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kepentingan relatif atribut dan utilitas level atribut jasa pendidikan SLTP Budaya serta mengetahui kombinasi preferensi utama orangtua terhadap jasa pendidikan SLTP Budaya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis con]oint, yang kemudian diuji dengan regresi linier berganda dengan variabel dummy. Data primer diperoleh dari hasil pengisian kuesioner “Preferensi orangtua terhadap jasa pendidikan SLTP Budaya†kepada 36 orang responden yang merupakan kelompok pelanggan sekarang dan 32 orang responden yang merupakan kelompok pelanggan potensial. Hasil analisis con]oint, baik untuk kelompok responden pelanggan sekarang maupun kelompok responden pelanggan potensial, menunjukkan bahwa tingkat kepentingan relatif atribut kegiatan ekstrakurikuler lebih besar daripada uang sekolah lebih besar daripada tenaga pengajar. Untuk level atribut kegiatan ekstrakurikuler, utilitas kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Inggris lebih besar daripada Bahasa Mandarin lebih besar daripada Bahasa Jepang. Untuk level atribut uang sekolah, utilitas uang sekolah <Rp. 200.000 per bulan lebih besar daripada antara Rp. 200.000 sampai Rp. 300.000 per bulan lebih besar daripada >Rp. 300.000 per bulan. Untuk level atribut tenaga pengajar, utilitas tenaga pengajar dengan kualifikasi berpengalaman lebih besar daripada  memiliki  gelar (title) dan berpengalaman lebih besar daripada memiliki gelar (title). Hasil pengujian dengan regresi linier berganda dengan variabel dummy juga menunjukkan urutan tingkat kepentingan relatif atribut dan nilai utilitas level atribut yang sama. Berdasarkan hasil analisis con]oint dan pengujian dengan regresi linier berganda  dengan variabel dummy, maka dapat disimpulkan bahwa kombinasi preferensi utama orangtua terhadap jasa pendidikan SLTP Budaya yaitu tenaga pengajar dengan kualifikasi berpengalaman, uang sekolah sebesar <Rp. 200.000 per bulan, dan kegiatan ekstrakurikuler Bahasa Inggris.
Â
Kata Kunci: preferensi, education service, additional subject
Â
 This research based on the declining number of students at Budaya Junior High School in last 4 years. This circumstances forced Budaya Junior High School to redefine their customer behaviour. The expectation is that in the future the education service that would be provided by  Budaya Junior High School definite and accordance with the customer preference. The objective of this research were to determine the averaged importance and utility of level attribute from the education service of Budaya Junior High School futhermore to know parent’s major preferences combination concerning education service at Budaya Junior High School. Analysis method to support this research is conjoint analysis, and thereafter examinated with dummy variable regression. Primary data were collected from the “Parent preference to the  education service of Budaya Junior High School†questionnaires from 36 respondent which are current customers and 32 respondent which are potential customers The outcome of conjoint analysis, for the current customers and the potential customers, describe that the stage of averaged importance of additional subject higher than tuition fee higher than teacher qualification. For the level attribute additional subject, utility of English language higher than Chinese language higher than Japanese language. For the level attribute tuition fee, utility of tuition fee <Rp. 200.000 per month higher than Rp. 200.000 until Rp. 300.000 per month higher than >Rp. 300.000 per month. For the level attribute teacher, utility of experience qualification higher than education title and experience qualification higher than education title qualification. The outcome of dummy variable regression discribe the same stage of averaged importance and utility of level attribute. Based on the outcome of conjoint analysis and dummy variable regression, the conclusion are that the parent’s major preferences combination to the education service of Budaya Junior High School are teacher with experience qualification, tuition fee <Rp. 200.000 per month, and English language as additional subject.
Â
Keywords: preference, education service, additional subject
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Baedhowi, â€Tantangan Peningkatan Profesionalis me Tenaga Pendidik pada Era Undang-Undang Guru dan Dosenâ€, 2007.
Davies B. and Ellison, L., “School Development Planningâ€, Longman, London, 1992.
Hair, Joseph F., Rolph E. Anderson, Ronald L. Tatham, and William C. Black, “Multivariate Data Analysisâ€, 5th ed, Prentice Hall, New Jersey, 1998.
Herlina, Deswita, â€Analisis Preferensi Mahasis wa terhadap Pelayanan Perkuliahan Juru san Akuntansi Fakultas Ekonomi Univer sitas Sultan Ageng Tirtayasa Bantenâ€, Uni versitas INDONUSA Esa Unggul, Jakarta, 2006.
Hurriyati, Ratih, â€Bauran Pemasaran dan Loya litas Konsumenâ€, Cetakan Pertama, Alfabe ta, Bandung, 2005.
Kotler P. and Fox K., “Strategic Marketing for Educational Institutionsâ€, Prentice Hall, New Jersey, 1995.
Kotler, Philip, â€Marketing Managementâ€, 11th ed, Prentice Hall, UK, 2003.
Levine M., “Proffesional Practice Schools . Linking Teacher Education and School Reformsâ€, Teac her College - Columbia University Press, New York, 1992.
Lovelock, Christopher H., “Service Marketing and Managementâ€, 2nd ed, Prentice Hall, New York, 2002.
Maholtra K. Naresh, “Marketing Research: An Applied Orientationâ€, 11th ed, Person Educa tion International, New Jersey, 2004.
Marimin, “Pengambilan Keputusan Kriteria Ma Jemukâ€, Cetakan Kedua, Grasindo, Jakarta, 2005.
Mathis Robert L. and John H. Jackson, “Human Resource Managementâ€, 10th ed, South-Wes tern, Ohio, 2002.
Nasution, Darlaini, â€Pengembangan Jasa Pendi dikan Berdasarkan Preferensi Mahasiswa pa da Jurusan ManaJemen Fakultas Ekonomi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Ban tenâ€, Universitas INDONUSA Esa Unggul, Jakarta, 2006.
Rangkuti, Freddy, â€Riset Pemasaranâ€, Cetakan Ke delapan, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2007.
Sarwono, Jonathan, â€Teori dan Praktik Riset Pe masaran dengan SPSSâ€, Cetakan Pertama, ANDI, Yogyakarta, 2005.
Sasmoko, â€Metode Penelitianâ€, Cetakan Kelima, UKI Press, Jakarta, 2004.
Schiffman, Leon G. and Leslie Lazar Kanuk, “Con sumer Behaviorâ€, 8th ed, Prentice Hall, New Jersey, 2004.
Sekaran, Uma, “Research Methods for Business A Skill Building Approachâ€, 4th ed, John Wiley & Sons, Inc., New York, 2003.
Supramono dan Jony Oktavian H., “Desain Pro posal Penelitian Studi Pemasaranâ€, Ceta kan Pertama, ANDI, Yogyakarta, 2005.
Supranto, Johanes, â€Analisis Multivariat: Arti dan Interpretasiâ€, Cetakan Pertama, Rine ka Cipta, Jakarta, 2004.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Zeithaml, Valerie A. and Mary Jo Bitner, “Service Marketingâ€, Mc Graw Hill, New Jersey, 2000.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.