Pengaruh Sistem Administrasi Perpajakan Modern, Kualitas Pelayanan Terhadap Motivasi Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Pajak

Daulat Freddy

Abstract


Abstrak

Masalah yang diteliti adalah terjadinya anggapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern dan Kualitas Pelayanan mempengaruhi Motivasi Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Pajak pada KPP Pratama Jakarta Kramat Jati dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Sistem Administrasi Perpajakan Modern dan Kualitas Pelayanan mempengaruhi Motivasi Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Pajak pada KPP Pratama Jakarta Kramat jati. Pemerintah Indonesia telah melakukan perubahan perundang-undangan di bidang perpajakan pada tahun 2008 dengan mengeluarkan beberapa Undang-undang pajak baru yaitu mulai 1 Januari 2009, yaitu UU No 28/2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, serta UU No 36/2008 tentang Pajak Penghasilan. Perubahan Reformasi Pajak tahun 2008 yaitu terdapat terdapat konsep modernisasi administrasi perpajakan yaitu adanya layanan yang prima dan pengawasan yang intensif dengan pelaksanaan prinsip-prinsip good governance serta penurunan tarif. Populasi dalam penelitian ini adalah KPP Pratama Jakarta Kramat Jati. Populasi data studi ini adalah Wajib Pajak. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer, yaitu data kualitatif yang diperoleh dari jawaban pernyataan yang diajukan kepada wajib pajak. Dari hasil analisis determinasi diperoleh koefisien 0,320 atau 32,0% dan 68,0% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar model. Dari hasil penelitian di dapat uji F dengan tingkat signifikan 0,000<0,05 atau Ha diterima, yang berarti secara simultan sistem administrasi perpajakan modern dan kualitas pelayanan mempengaruhi motivasi wajib pajak dalam memenuhi kewajiban pajak pada KPP Pratama Jakarta Kramat Jati. Secara parsial sistem administrasi perpajakan modern berpengaruh terhadap motivasi wajib pajak dalam memenuhi kewajiban pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap motivasi wajib pajak dalam memenuhi kewajiban pajak  Nilai-nilai koefisien regresi yang diperoleh yaitu Y = 12,243 + 0,338X1 + 0,414X2 + e. Hasil penelitian ini mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi KPP Pratama Jakarta Kramat Jati khususnya dalam penerapan sistem administrasi perpajakan modern sehingga wajib pajak termotivasi di dalam memenuhi kewajibannya sebagai wajib pajak.

Kata kunci: sistem administrasi perpajakan modern, kualitas pelayanan, motivasi wajib pajak


References


Daftar Pustaka

Adiatama, Sukma, “Pengaruh Penerapan Sosialisasi atas Informasi Perpajakan, Kecerdasan Emosional Petugas Pajak Terhadap Motivasi Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakannyaâ€, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2010.

Boediono, “Pelayanan Prima Perpajakanâ€. Rmeka Cipta, Jakarta, 2003.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, “Sistemâ€, Balai Pustaka, Jakarta, 2007.

Lumbantoruan, Sophar, “Ensiklopedia Perpajakanâ€, Sinar Harapan, Jakarta. 1997.

Manap, Abdul, “Pengaruh Sosialisasi dan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Motivasi Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Pajakâ€, Universitas Mpu Tantular, Jakarta, 2011.

Mardiasmo, “Perpajakan edisi revisi 2009â€, C.V ANDI, Yogyakarta, 2009.

Nasucha, Chaizi, “Reformasi Administrasi Publik: Teori dan Praktikâ€, Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 2004.

Rahman, Abdul, “Panduan Pelaksanaan Administrasi Perpajakan untuk Karyawan, Pelaku bisnis dan Perusahaanâ€, Nuansa, Bandung, 2010.

Resmi, Siti, “erpajakan Kasus dan Teoriâ€. Salemba Empat, Jakarta, 2009.

Riduwan, “Metode dan Teknik Menyusun Tesisâ€. Alfabeta, Bandung, 2009.

Siti Suryana, Fitri, “Sistem Administrasi Perpajakan Modern Pengaruhnya terhadap Pelaksanaan Good Governanceâ€, Universitas Komputer, Indonesia.

Sudirman, Sri A, “Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadiâ€, Universitas Mpu Tantular, Jakarta, 2010.

Sugiyono, “Metode Penelitian Bisnisâ€, Alfabeta, Bandung, 2009.

Thoha, Miftah, “Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinyaâ€, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta, 2009.

Uno Hamzah, B, “Teori Motivasi dan Pengukurannyaâ€, PT Bumi Aksara, Jakarta, 2007.

Undang-Undang Perpajakan Indonesia No. 28 Tahun 2007.

Winardi, J, “Motivasi Pemotivasian Dalam Manajemenâ€, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta, 2007.

www.pajak.go.id, Sistem Pelayanan on-line, (Februari 2012). 2008




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v4i2.1033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : publikasi@esaunggul.ac.id