Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Media Online (E-Marketing)
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menentukan variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen serta mengetahui variabel Manfaat atau Hambatan dalam bertransaksi yang secara dominan merupakan variabel yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian konsumen melalui media online (e-Marketing) dan juga mengetahui kecenderungan perilaku konsumen dimasa yang akan datang jika dilihat dari Zscore yang terbentuk. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan survey terhadap 100 responden melalui penyebaran kuesioner. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik quota dan purposive sampling. Berdasarkan fungsi diskriminan dapat disimpulkan bahwa ternyata dari kedua variabel tersebut ternyata variabel manfaat dalam bertransaksi yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen melalui media online (e-Marketing). Berdasarkan hasil perhitungan Zscore, didapatkan kecenderungan perilaku konsumen dimasa yang akan datang dalam keputusan pembelian ( jarang atau sering) yaitu lebih banyak konsumen yang sering membeli dibandingkan dengan konsumen yang jarang membeli. Â
Kata kunci: kegunaan transaksi, batas transaksi, keputusan pembelianFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Basu Swasta D.H dan T.Hani Handoko, “Manajemen Pemasaran : Analisa perilaku konsumenâ€, Edisi Kelima, Penerbit Liberty, Yogyakarta, 2004
Brenda Kienan, “Small Business Solutions E-commerceâ€, Penerbit Gramedia, Jakarta, 2001
Dr. Nur Indriantoro, M.sc dan Drs. Bambang Supomo, M.si.Akuntan, “Metodologi Penelitian Bisnisâ€, BPFE, Yogyakarta, 2005
Fandy Tjiptono, “Strategi Pemasaranâ€, Edisi 5, Andi, Yogyakarta, 2007
James F. Engel at. al, “Consumer Behaviorâ€, 8th Edition, Dryden Press-Harcourt Brace Jovanovich, Orlando Florida, 2001
Philip Kotler, Amstrong, “Dasar- dasar pemasaranâ€, jilid 1, Prentice Hall, New Jersey, 2001
Philip Kotler, “Manajemen Pemasaranâ€, jilid 2, Edisi Bahasa Indonesia, Prentice Hall, New Jersey, 1998
Riduwan, “Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Alfabetaâ€, CV, Bandung, 2004
Riyeke Ustadiyanto, “e-Business Plan : Perencanaan, Pembangunan dan Strategi di Internetâ€, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2000
William J Stanton, Michael J Etzel and Bruce J Walker, “Fundamnetal of Marketingâ€, Tenth Edition, McGraw hill, inc, New York, 2004
http://bisnisonlinemaniac.blogspot.com/2010/01/mengenal-modus-penipuan-di-internet.html
http://bisnisukm.com/forum/kategori/potensi-bisnis-9p1
http://bisnisukm.com/prospek-bisnis-online-tahun-2011.html
http://rmagz.blogspot.com/2011/01/tips-memilih-media-promosi.html
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23295/3/Chapter%20II.pdf
http://swa.co.id/2011/05/pengguna-internet-indonesia-membludak-di-2011/
DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v4i2.1035
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.