Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Media Online (E-Marketing)

I’in Endang Mardiani, Orland Jorge Imanuel

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menentukan variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen serta mengetahui variabel Manfaat atau Hambatan dalam bertransaksi yang secara dominan merupakan variabel yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian konsumen melalui media online (e-Marketing) dan juga mengetahui kecenderungan perilaku konsumen dimasa yang akan datang jika dilihat dari Zscore yang terbentuk. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan survey terhadap 100 responden melalui penyebaran kuesioner. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik quota dan purposive sampling. Berdasarkan fungsi diskriminan dapat disimpulkan bahwa ternyata dari kedua variabel tersebut ternyata variabel manfaat dalam bertransaksi yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen melalui media online (e-Marketing). Berdasarkan hasil perhitungan Zscore, didapatkan kecenderungan perilaku konsumen dimasa yang akan datang dalam keputusan pembelian ( jarang atau sering) yaitu lebih banyak konsumen yang sering membeli dibandingkan dengan konsumen yang jarang membeli.  

Kata kunci: kegunaan transaksi, batas transaksi, keputusan pembelian

References


Daftar Pustaka

Basu Swasta D.H dan T.Hani Handoko, “Manajemen Pemasaran : Analisa perilaku konsumen”, Edisi Kelima, Penerbit Liberty, Yogyakarta, 2004

Brenda Kienan, “Small Business Solutions E-commerce”, Penerbit Gramedia, Jakarta, 2001

Dr. Nur Indriantoro, M.sc dan Drs. Bambang Supomo, M.si.Akuntan, “Metodologi Penelitian Bisnis”, BPFE, Yogyakarta, 2005

Fandy Tjiptono, “Strategi Pemasaran”, Edisi 5, Andi, Yogyakarta, 2007

James F. Engel at. al, “Consumer Behavior”, 8th Edition, Dryden Press-Harcourt Brace Jovanovich, Orlando Florida, 2001

Philip Kotler, Amstrong, “Dasar- dasar pemasaran”, jilid 1, Prentice Hall, New Jersey, 2001

Philip Kotler, “Manajemen Pemasaran”, jilid 2, Edisi Bahasa Indonesia, Prentice Hall, New Jersey, 1998

Riduwan, “Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Alfabeta”, CV, Bandung, 2004

Riyeke Ustadiyanto, “e-Business Plan : Perencanaan, Pembangunan dan Strategi di Internet”, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2000

William J Stanton, Michael J Etzel and Bruce J Walker, “Fundamnetal of Marketing”, Tenth Edition, McGraw hill, inc, New York, 2004

http://bisnisonlinemaniac.blogspot.com/2010/01/mengenal-modus-penipuan-di-internet.html

http://bisnisukm.com/forum/kategori/potensi-bisnis-9p1

http://bisnisukm.com/prospek-bisnis-online-tahun-2011.html

http://rmagz.blogspot.com/2011/01/tips-memilih-media-promosi.html

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23295/3/Chapter%20II.pdf

http://swa.co.id/2011/05/pengguna-internet-indonesia-membludak-di-2011/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510

Telp : 021 5674223 ext 266

email : publikasi@esaunggul.ac.id