Penguatan Sektor Umkm Sebagai Strategi Menghadapi Mea 2015

Ari Anggarani Winadi Prasetyoning Tyas, Vita Intan Safitri, Lukman Cahyadi

Abstract


Abstract

Some challenges MEA labor courts in Indonesia will only raise the unemployment rate itself, because it has no impact on improving the living standards of the people of Indonesia. If Indonesia is not ready, then the free flow of goods, services, investment, skilled labor and capital, seen as a threat rather than an opportunity. Another challenge is the horizontal chasm between countries with advanced economy class and are still intermediate and advanced. Vertical chasm between the liberal democratic state and still authoritarian. ASEAN Economic Community which was formed with a mission to make the economy in ASEAN for the better and be able to compete with countries - countries whose economies are more advanced than the current condition of the ASEAN countries. In addition, the realization of the ASEAN Community in which there is AEC, can make ASEAN into a more strategic position in the international arena, we expect the realization of the ASEAN economic community is able to open the eyes of all parties, so that there is a dialogue between sectors that will also be complementary among stakeholders in the State sector of the economy of ASEAN countries. Indonesia challenges ahead realize meaningful change to the lives of everyday people. This opportunity is open, if not immediately used will be left behind, because the process is also followed the motion of other countries and it continues to unfold.

Keywords: SMEs, Strategy, ASEAN 

Abstrak

Beberapa  tantangan MEA seperti  lapangan  tenaga  kerja  yang  ada  di Indonesia hanya akan menaikkan angka pengangguran itu sendiri, karena tidak berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat Indonesia. Bila Indonesia tidak siap, maka aliran bebas barang, jasa, investasi, tenaga kerja terampil  dan  modal,  terlihat  sebagai  ancaman  daripada  peluang.  Tantangan lainnya adalah jurang horizontal antara negara dengan kelas ekonomi maju dan yang masih menengah dan maju. Jurang vertikal antara negara yang demokratis liberal dan masih otoriter. ASEAN Economic Community  yang dibentuk dengan misi menjadikan perekonomian di ASEAN menjadi lebih baik serta mampu bersaing dengan Negara - negara yang perekonomiannya lebih maju dibandingkan dengan kondisi Negara ASEAN saat ini. Selain itu juga dengan terwujudnya ASEAN Community dimana di dalamnya terdapat AEC, dapat menjadikan posisi ASEAN menjadi lebih strategis di kancah Internasional,  kita  mengharapkan  dengan  terwujudnya  komunitas  masyarakat ekonomi ASEAN ini dapat membuka mata semua pihak, sehingga terjadi suatu dialog antar sektor yang nantinya juga saling melengkapi diantara para stakeholder  sektor  ekonomi  di  Negara  negara  ASEAN. Tantangan Indonesia kedepan mewujudkan perubahan yang berarti bagi kehidupan keseharian masyarakatnya. Peluang yang  sudah  terbuka  ini,  kalau  tidak  segera dimanfaatkan akan tertinggal,  karena  proses  ini  juga  diikuti  gerak negara  lain  dan  hal  itu  terus bergulir.  

Kata kunci: UMKM, Strategi, ASEAN


References


Daftar Pustaka

Amiaty, Ratna, “Kajian Mengenai Rumusan Standar Minimum Laporan Keuangan Dan Bussiness Plan UMKMâ€, Bank Indonesia, Jakarta 2013.

Bustami, Gusmardi, “Menuju Asean Economy Communityâ€, Departemen Perdaga-ngan, Jakarta, 2013.

Iqbal, Muhaimin, “Sharia Economics 2.0; Ekonomi Syariah Untuk Kitaâ€, Republika, Jakarta, 2013.

Nagel, P. Julius F, “Kecerdasan Kewirausahaan (Entre-Q) Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKMâ€, Disampaikan Dalam Seminar Nasional Dan Call For Pa-pers “Orientasi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKMâ€. Diselenggarakan Jurusan Manaje-men Fakultas Ekonomi dan Him-punan Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Jendral Soedirman Purwokerto 21 November 2012

Karim, Adiwarman, “Sejarah Pemikiran Ekonomi Islamâ€, Edisi Ketiga, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2006.

Syukriah, Ana dan Hamdani, Iman, “Economics Development Analysis Journal: Peningkatan Eksistensi UMKM Melalui Comparative Advantage Dalam Rangka Menghadapi MEA 2015 di Temanggungâ€, Universitas Semarang ISSN : 2252-6889.

Tambunan, Tulus T.H, “Pasar Bebas ASEAN : Peluang, Tantangan dan Ancaman bagi UMKM Indonesiaâ€, Kementrian Koperasi UMKM, Jakarta, 2012.




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v5i1.1046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.