Analisis Segmentasi dan Targetting Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Esa Unggul

Iin Endang Mardiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana segmentasi mahasiswa Fakultas Ekonomi yang terbentuk dan siapa sebenarnya yang menjadi pasar sasaran (targeting) bagi Fakultas Ekonomi Universitas Esa Unggul. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2013/2014 (Reguler) sedangkan sampelnya ditentukan dengan quota sampling dengan jumlah 105 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah análisis deskriptif yaitu Analisis K-Means Cluster. Analisis ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara setiap cluster atau segmen yang dibentuk. Dari hasil análisis terbentuk 4 cluster. Dari 4 cluster tersebut yang menjadi target FE-UEU adalah cluster ketiga. Hasil análisis ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada Biro Humas UEU untuk dapat menjaring calon mahasiswa dengan lebih banyak lagi dan lebih tepat sasaran.

Kata kunci: analisis, segmentasi, targetting


References


Fandy Tjiptono, “Strategi Pemasaran”, Edisi 2, Andi, Yogyakarta, 2001

Henry Simamora, “Manajemen Internasional”, Cetak Pertama, Salemba Empat, 2000

Husen Umar, “Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa”, Ehalia Indonesia, Jakarta, 2003

Kotler, Philip, “manajemen pemasaran: analisis, perencanaan, implementasi dan control”, jilid 1, PT. Prehalindo, Jakarta, 1997

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane, “Marketing Management”, Thirteenth Edition, Pearson Education, Inc, 2009

Stanton,J, Michael J. Etzel and Brule J. Walker, “fundamental of marketing”, Tenth Edition, Mc Graw Hill, Inc.New York, 1994

Sciffman,L.G dan L.L Kanuk, “Consumer Behavior”, Seventh Edition, Prince Hall, New Jersey, 2003

Stooner, A.F.James, “Manajement”, Pretice Hall, New Jersey, 1992

Sutisna, “perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran”, PT.Remaja Rosdakarya, Bandung, 2003

Ratih Huriarti, M.S.I, “Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen”, Alfabeta, Bandung, 2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510

Telp : 021 5674223 ext 266

email : publikasi@esaunggul.ac.id