PENGARUH SERVICE QUALITY DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA INUL VIZTA KARAOKE DI JAKARTA (STUDI KASUS PADA KEPUASAN KONSUMEN INUL VIZTA KARAOKE DI JAKARTA)

Ari Anggarani Winandi Prasetyoning Tyas, Andreas Kenny

Abstract


Abstract

This study takes the research object karoke effort Inul Vizta which in 2014 experienced a decline in the number of visitors. The purpose of this study to determine the effect of Service Quality and Brand Image on Customer Loyalty through Customer Satisfaction. Good influence directly and indirectly with independent variables Service Quality and Brand Image, while Consumer Loyalty and customer satisfaction as the dependent variable. The population in this study is a community located in West Jakarta who had used Inul Vizta karaoke entertainment services and have been using the minimal entertainment services Inul Vizta two times or more. Sampling using purposive sampling method by using quota sampling of 100 respondents by distributing questionnaires. Data analysis method used is Path Analysis (Path Analysis). The results showed that the Service Quality has no significant effect on consumer loyalty, brand image has a significant influence on consumer loyalty and customer satisfaction has a significant impact on the Customer Loyalty. So that the Service Quality, Brand Image and Consumer Satisfaction shows that jointly affect Consumer Loyalty.

 

Keywords: Service Quality, Brand Image, Customer Loyalty and Customer

    Satisfaction.

 

Abstrak

Penelitian ini mengambil objek penelitian usaha karoke Inul Vizta dimana pada tahun 2014 mengalami penurunan jumlah pengunjung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Service Quality dan Brand Image terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen.Baik pengaruh secara langsung dan tidak langsung dengan variabel independen Service Quality dan Brand Image, sedangkan Loyalitas Konsumen dan Kepuasan pelanggan sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berada di Jakarta Barat yang pernah menggunakan jasa hiburan karaoke Inul Vizta dan minimal sudah pernah menggunakan jasa hiburan Inul Vizta sebanyak dua kali atau lebih. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan teknik quota sampling sebanyak 100 responden dengan cara menyebarkan kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa Service Quality memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Loyalitas Konsumen, Brand Image memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen dan Kepuasan Konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Sehingga Service Quality, Brand Image dan Kepuasan Konsumen menunjukan bahwa secara bersama-sama mempengaruhi Loyalitas Konsumen.

 

Kata kunci :Service Quality , Brand Image, Loyalitas Konsumen dan Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Harianto, David Subagio dan Hartono.2013. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.Analisa Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, dan Atmosfer Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Konsumen Kedai Deja-Vu Surabaya. Vol. 1 No. 1

Kotler, Philip dan Keller. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 1.Jakarta: PT. Indeks.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Jilid 3. Jakarta: Salemba Empat.

Marlien, Supriadi. 2013. Jurnal Managemen. Analisis Kepercayaan, Citra Merek, dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan.

Novia. 2016. Academia.ac.com, Penelitian Karaoke Inul Vizta, akses 6 januari 2016, 23:30.

Riduwan, Engkos Achmad Kuncoro. 2013. Cara Mudah Menggunakan dan Memaknai Path Analisis.Jilid 5. Bandung: Alfabeta.

Sangadji, Etta Mamang. 2013. Perilaku Konsumen. Pendekatan praktis diserati: himpunan jurnal penelitian. Jilid 1. Yogyakarta: Cv Andi Offfset.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R dan D. Jilid 13. Bandung: Alfabetha.

Supranto.J.M.A. 2011.Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikan pangsa Pasar.Jilid 4. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wijaya, Tony. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Desain Servqul, QFD, dan Kano. Jilid 1.Jakarta: PT. Indeks.

Wu, Tai-Chi. 2015. The Journal of Business Management. The Influence of Service Quality, Brand Image, and Customer Satisfaction on Customer Loyalty for Private Karaoke Rooms in Taiwan. Vol. 11 No. 1

Zulfa, Nur Amalaia, Lubis, Mawazirul dan Ngatno. 2013. Jurnal Administrasi Bisnis. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Tarif Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Family Fun Karoke Keluarga Outlet SMG-03 Semarang.




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v7i2.1621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : publikasi@esaunggul.ac.id