STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA BISNIS PARIWISATA

Abdullah Umar, Agung Hari Sasongko, Glory Agusman, Sugiharto Sugiharto

Abstract


Abstract

Indonesia is an archipelagic nation which has a diverse tourist destination is quite interesting, whether it be of attractions, culinary, arts, cultural and natural charm. With so many places of this tourist destination, it can be developed into a promising business. By utilizing the marketing mix, namely Product, Price, Place, Promotion, People, Process and Physical evidence. Of the marketing mix can then be mapped to the matrix Ansoff for  getting products that can be used as a business development strategy of tourism. This research was conducted with qualitative methods, namely by conducting interviews and observations to the tourism industry players. The results showed that the best business strategy is to do Product Diversification, ie change of market share by doing in combination with product changes. Another alternative is with the Market Penetration, Product Development or Market Development. With this strategy, is expected to obtain a good product at an affordable price by consumers. As well as increase the number of tourist arrivals in the regions in Indonesia. Moreover, it can empower all of the resources that are around attractions, both in terms of human resources and facilities.

 

Keywords: Marketing Mix, Business Strategy, Tourism

 

Abstrak

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki tujuan wisata yang beragam yang cukup menarik, apakah itu tentang objek wisata, kuliner, seni, budaya dan pesona alam. Dengan begitu banyak tempat tujuan wisata ini, dapat dikembangkan menjadi bisnis yang menjanjikan. Dengan memanfaatkan bauran pemasaran, yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Proses dan bukti fisik. Dari bauran pemasaran kemudian dapat dipetakan ke matriks Ansoff untuk produk mendapatkan yang dapat digunakan sebagai strategi pengembangan bisnis pariwisata. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, yaitu dengan melakukan wawancara dan observasi untuk para pemain industri pariwisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bisnis terbaik adalah dengan melakukan Diversifikasi Produk, yaitu perubahan pangsa pasar dengan melakukan kombinasi dengan perubahan produk. Alternatif lain adalah dengan Penetrasi Pasar, Pengembangan Produk atau Pengembangan Pasar. Dengan strategi ini, diharapkan untuk mendapatkan produk yang baik dengan harga yang terjangkau oleh konsumen. Serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di daerah di Indonesia. Selain itu dapat memberdayakan semua sumber daya yang ada di sekitar objek wisata, baik dari segi sumber daya manusia dan fasilitas.

 

Kata kunci: Bauran Pemasaran, Strategi Bisnis, Pariwisata


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Budi, A. P. (2013). Manajemen Marketing Pehotelan. Yogyakarta: Andi Offset.

Hussain, S., Khattak, J., Rizwan, A., & Latif, M. A. (2013). ANSOFF Matrix, Environment, and Growth- An Interactive Triangle. Management and Administrative Sciences Review Vol. 2 Issue.2 .

Karmawan, I., Sundjaja, A. M., & Luhukay, D. (2010). Analisis Dan Perancangan E-Commerce Pd. Garuda Jaya. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (Snati) .

Kotler, P., & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Prentice Hall, Salemba Empat.

Porter. (2008). The Five Competitive Forces That Shape Strategy. Harvard Business Review .

Pradiatiningtyas, D. (2014). Pemasaran Online melalui E-Tourism, Bauran Pemasaran Jasa Pariwisata dan Pemosisian untuk Promosi Daerah di Indonesia. Khasanah Ilmu Vo. V No. 2 .

Prawita, A. S., Kusuma Negara, I. M., & Suardana, I. W. (2016). Strategi Pemasaran Paket Wisata Melalui Media Online di Truly Asia Tour and Travel. Jurnal IPTA Vol. 4 No. 1 .

Purwanto, D. (2003). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Sekaran, U. (2014). Reserach Metodelogy. Jakarta: Wiley.

Somantri, G. (2005). Memahami Metode Kualitatif. Jurnal Makara Sosial Humaniora Vol. 9 No. 2 .

Sunyoto, D., & Susanti, F. E. (2015). Manajemen Pemasara. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Utami, A. R. (2016). Kompetensi Khas di Sektor Pariwisata. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 6(1) .

Wulandari, R., Polla, J. R., & Novita. (2016). Analisis Peningkatan Daya Saing Ekspor UMKM Cenderamata di Jakarta. Jurnal Ekonomi Vo. 7 No. 1 .

Yoeti, O. A. (1996). Pengantar Ilmu Pariwisata. In Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Penenbit Angkasa.

Yulianto, A. (2015). Kajian Internet Marketing sebagai Salah Satu Media Pemasaran Industri Perhotelan. Jurnal Khasanah Ilmu Vol. VI No. 1 .




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v7i2.1625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.