KEBERAGAMAN PRODUK DAN PERTUMBUHAN EKONOMI: PANEL DATA ATAS 6 NEGARA ASEAN

Joel Faruk Sofyan, Gairuzazmi Mat Ghani

Abstract


Penelitian empiris terkini mengamati adanya korelasi positif secara statistik antara keberagaman produk dan pertumbuhan ekonomi dalam dataset yang luas pada umumnya dan negara-negara maju pada khususnya. Namun, belum ada penelitian sejauh ini yang mempelajari hubungan ini secara eksklusif dalam dataset negara berkembang. Memanfaatkan dimensi penuh data dari 6 negara ASEAN untuk periode 1989-2008 pada tingkat pertumbuhan, penelitian ini menemukan tiga buah bukti. Indeks keberagaman ekspor berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan per kapita, tetapi tidak berpengaruh signifikan atas produktivitas tenaga kerja. Kedua, indeks keberagaman impor ditemukan tidak signifikan mempengaruhi pendapatan per kapita dan produktivitas tenaga kerja. Terakhir, penelitian ini juga menemukan bahwa perbedaan dalam pendapatan per kapita dan produktivitas tenaga kerja sebagian besar disebabkan oleh perbedaan tingkat investasi fisik di keenam negara ASEAN. Kesimpulan langsung yang dapat ditarik dari temuan-temuan ini adalah bahwa karakteristik utama pertumbuhan ekonomi yang dialami oleh keenam negara ASEAN mirip dengan model akumulasi modal secara ekstensif dan rejim pro-perdagangan yang berorientasi ke luar. Oleh karena itu, hasil penelitian ini mirip dengan studi sebelumnya yang dilakuan Funke dan Ruhwedel (2001, 2005) dan Saviotti dan Frenken (2008), sementara memberikan wawasan tambahan untuk studi yang dilakukan Young (1995).

 

Kata kunci: keberagaman produk, pertumbuhan ekonomi, indeks berdasarkan ukuran entropi, panel data, ASEAN


Full Text:

PDF

References


Addison, D.M. (2003). Productivity growth and product variety: Gains from imitation and education. World Bank Policy Research, Working Paper 3023.

Alexander, P.J. (1997). Product variety and market structure: A new measure and a simple test. Journal of Economic Behaviour & Organization Vol. 32, pp. 207-214.

Barro, R.J. & Sala-i-Martin, X. (2004). Economic growth (2nd edn.). Cambridge, MA: MIT Press.

Broda, C. & Weinstein, D.E. (2006). Globalization and the gains from variety. The Quarterly Journal of Economics, Vol. 121, No. 2, pp. 541-585.

Broda, C., Greenfield, J. & Weinstein, D.E. (2006). From groundnuts to globalization: A structural estimate of trade and growth. NBER, Working Paper No. 12512.

Fagerberg, J. & Verspagen, B. (2002). Technology-gaps, innovation-diffusion and transformation: An evolutionary interpretation. Journal of Research Policy, Vol. 31, pp. 1291-1304.

Feenstra, R.C. & H.L. Kee. (2004). Export variety and country productivity. NBER, Working Paper No. 10830.

Feenstra, R.C. & H.L. Kee. (2008). Export Variety and country productivity: Estimating the monopolistic competition model with endogenous productivity. Journal of International Economics 72, pp. 500-518.

Feenstra, R.C., Madani, D., T.-H. Yang & C.-Y. Liang. (1997). Testing endogenous growth in South Korea and Taiwan. NBER, Working Paper No. 6028.

Fogel, R.W. (2009). The impact of the Asian miracle on the theory of economic growth. NBER, Working Paper No. 14967.

Frenken, K. (2003). Entropy statistics and information theory. In H. Hanusch and A. Pyka (eds.), The Elgar companion to Neo-Schumpeterian economics, Cheltenham: Edward Elgar.

Frenken, K., Saviotti, P.P. & Trommetter, M. (1999). Variety and niche creation in aircraft, helicopters, motorcycles and microcomputers. Research Policy 28, pp. 469-488.

Frensch, R. & Wittich, V.G. (2009). Product variety and technical change. Journal of Development Economics, Vol. 88, pp. 242-257.

Funke, M. & Ruhwedel, R. (2001). Product variety and economic growth: Empirical evidence for the OECD countries. IMF Staff Papers, Vol. 48, No. 2, pp. 225-242.

______. (2005). Export variety and economic growth in Eastern European transition economies. Economic of Transition, Vol. 13, No. 1, pp. 25-50.

_______. (2008). Trade, product variety and welfare: A quantitative assessment for mainland China. China Economic Journal, Vol. 1, No. 2, pp. 203-212.

Jones, C.I. (2002). Introduction to economic growth (2nd edn.). New York and London: W.W. Norton.

Kandogan, Y. (2006). Does product differentiation explain the increase in exports of transition countries?. Eastern European Economics, Vol. 44, No. 2, pp. 6-22.

Santacreu, A.M. (2006). Differences in growth rates: The role of innovation and technology diffusion. Unpublished, New York University.

Saviotti, P.P. & Frenken, K. (2008). Export variety and the economic performance of countries. Journal of Evolutionary Economics, Vol. 18, pp. 201-218.

Straathof, S.M. (2005). Product variety and economic growth: The counteracting effects of scale and idiosyncrasy. Unpublished doctoral dissertation, Universitaire Pers Maastricht (UPM), Maastricht University.

Straathof, S.M. (2007). Shannon's entropy as an index of product variety. Economics Letters, Vol. 94, pp. 297–303.

Theil, H. (1965). The information approach to demand analysis. Econometrica, Vol. 33, No. 1, pp. 67-87.

Weitzman, M.L. (1992). On diversity. The Quarterly Journal of Economics, Vol. 107, No. 2, pp. 363-405.

Young, A. (1995). The tyranny of numbers: Confronting the statistical realities of the East Asian growth experience. The Quarterly Journal of Economics, Vol. 110, No.3, pp. 641-680.




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v9i02.2530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.