ANALISIS PENGARUH KINERJA PENJUALAN DAN KINERJA PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN TERWARALABA (STUDI PADA WARALABA KULINER DI INDONESIA)
Abstract
Di era modern ini, banyak wirausahawan muda yang menyadari adanya kesempatan besar untuk membuka dan mengembangkan bisnis di Indonesia. Salah satu cara untuk membuka bisnis adalah dengan membentuk waralaba dengan perusahaan yang lebih besar (pewaralaba). Memulai bisnis waralaba relatif lebih mudah dibandingkan dengan membuka bisnis sendiri, karena terwaralaba hanya perlu mempersiapkan tempat dan tenaga kerja. Prosedur cara pembuatan dan bahan pokok produk akan diajarkan dan disediakan langsung oleh pemilik (pewaralaba). Dalam mengembangkan bisnis waralaba, tingkat Kepuasan Terwaralaba sangat penting, karena merekalah yang menjalankan bisnisnya secara langsung. Faktor yang perlu diperhatikan adalah Standardisasi, Komunikasi, dan Kepercayaan. Faktor-faktor dipercaya mempengaruhi Kepuasan Terwaralaba melalui Kinerja Pelayanan dan Kinerja Penjualan perusahaan.
Â
Kata kunci : waralaba, kemampuan, kepuasan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arfad Fermady. (2015). Pengaruh Kinerja Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen. Digest Marketing 1(1), 15-21.
Djauhari SH. MM. AAAI.J, Yanuar Rachmansyah, & STIE Bank DPD Jateng. (2010). Strategi Meningkatkan Kinerja Penjualan Asuransi Jiwa (Studi di AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Semarang). Prestasi Vol. 6 No.1, 146-177.
Evi Asmayadi & Sri Hartini. (2015). The Impact of Service Quality and Product Quality towards Customer Loyalty through Emotional and Functional Values in Traditional Markets in Pontianak, Indonesia. European Journal of Business and Management, 7(5), 128-135.
Franky Slamet. (2016). Pengantar Manajemen Waralaba. (1st edition). Jakarta: Indeks.
Hsu LiTzang. (2009). Effects of restaurant franchising: does an optimal franchise proportion exist?. International Journal of Hospitality Management, 28(2), 204-211.
IHS Markit Economics. (2017). Franchise Business Economic Outlook for 2017. (Online). Diakses 20 September 2017 dari https://www.franchise.org/sites/default/files/Franchise_Business_Outlook_Jan_2017.pdf
Ida Ayu Inten Surya Utami & I Made Jatra. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(7), 1984-2000.
Irham Fahmi. (2016). Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan: Kualitatif dan Kuantitatif. (1st Edition). Jakarta: Rajawali Pers.
Jyh-Shen Chiou and Cornelia Droge. (2015). The Effects of Standardization and Trust on Franchisee’s Performance and Satisfaction: A Study on Franchise Systems in the Growth Stage. Journal of Small Business Management 53(1), 129-144
[Kemendag] Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. (2013). Pengaturan Waralaba. Jakarta: Ministry of Trade Republic of Indonesia.
Khanungnit Hnuchek, Ishak Ismail & Hasnah Haron. (2013). Franchisors’ Relationship Marketing and Perceived Franchisor Support on Franchisors’ Performance: A Case of Franchise Food and Beverage in Thailand. Journal of Economics, Business and Management, 1(1), 117-122
Muhammad Bahrudin & Siti Zuhro. (2015). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 3(1), 1-18.
Muhammad Damar Wicaksono. 6 September (2016). RI Punya 698 Waralaba, Omzetnya Rp 172T. (Online). Di akses dari 20 September 2017 dari http://www.kemendag.go.id/id/news/2016/09/06/ri-punya-698-waralaba-omzetnya-rp-172-t
Resha Alfa Antartika (2015). Identifikasi Kemampuan Komunikasi Tenaga Marketing dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT X Kiaracondong Bandung).
Sumarwan (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. (2nd edition). Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
J.R.F. Stoner, R.E. Freeman, & P.A. Gilbert (2005). Management. (13th edition). New Jersey: Prentice Hall.
Tenni Oksowela (2012). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan Dinas Tata Kota Bandar Lampung.
Tommy Setiawan Ruslim & Mukti Rahardjo (2016). Identifikasi Kepuasan Konsumen Ditinjau dari Segi Harga dan Kualitas pada Restoran Abuba Steak di Greenville. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol. 2 No. 1, 51-65.
V. Wiratna Sujarweni. (2014). Metodologi Penelitian. (1st edition). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v9i02.2533
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.