PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT) DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI (STUDI KASUS SISWA KELAS X SMA N 4 KOTA SOLOK )
Abstract
This study aims to reveal the influence of students taught by cooperative learning model numbered head together and discipline of learning with students who are taught conventionally and student learning discipline towards student learning outcomes of SMA Negeri 4 Solok. This type of research is quasi-experimental research using two research classes namely the control class and the experimental class. The number of research samples from the two classes was 54 students. The results showed that: (1) Student economic learning outcomes taught with cooperative learning models numbered head together were higher than those taught using conventional learning models. (2) Learning outcomes of students who have high learning discipline in the cooperative learning model numbered head together and students who have high learning disciplines with conventional learning models. (3) Learning outcomes of students who have low learning discipline in cooperative learning model numbered head together and students who have low learning discipline with conventional learning models. (4) There is no interaction between the learning model and the discipline of learning on the economic learning outcomes of students in class X of SMA Negeri 4 Solok City
Â
Keywords: numbered head together, learning discipline, learning outcomes
Â
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh dari Siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dan disiplin belajar dengan Siswa yang di ajar kan dengan konvensional dan disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 4 Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas penelitian yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jumlah sampel penelitian dari kedua kelas adaah 54 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional . (2) Hasil belajar siswa yang memiliki disiplin belajar tinggi pada model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dan siswa yang memiliki disiplin belajar tinggi dengan model pembelajaran konvensional . (3) Hasil belajar siswa yang memiliki disiplin belajar rendah pada model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dan siswa yang memiliki disiplin belajar rendah dengan model pembelajaran konvensional. (4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa di kelas X SMA Negeri 4 Kota Solok
Â
Kata kunci: numbered head together, disiplin belajar, hasil belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2009). Pendidikan (Edisi Revisi) . Jakarta: Evaluasi Bumi Aksara Arikunto, Suharsimi. Dasar- dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ary, D., Jacobs, L.C., dan Razavieh, A. (1985). Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Fuchan. Surabaya: Usaha Nasional.
Irianto, A. (2009). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.
Merta, I. D. (2008). â€Pengaruh model pembe-lajaran Kooperatif tipe STAD terhadap disiplin belajar dan prestasi belajar Matematika sisa SMAN I Denpasarâ€. JIIP , 1043- 1053, 2008.
Miftahul, H. (2013). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penetapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Novitasari, R. (2013). The Implementation of “Numbered Heads Together†in Teaching Reading Narrative Text to the Tenth Graders, 84, 487–492. Retrieved from http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933
Prijodarminto, S. (2004). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Pradnya Paramita.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Widyantini. (2006). Model Pembelajaran Mate-matika Dengan Pendekatan Kooperatif. Yogyakarta: P4TK Matematika.
DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v10i1.2762
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266
email : [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.