PENGARUH KEPERCAYAAN, KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEMUDAHAN PADA SITUS JUAL BELI ONLINE

Ari Anggarani Winadi Prasetyoning Tyas, Nina Nurhasanah

Abstract


Abstract

This study aimed to determine the effect trust, information quality on customer buying decision through perceive ease of use on online shop site The variables examined is the trust, information quality on customer buying decision through perceive ease of use. In this study consisted of independent variables of trust, information quality. Dependent variable is customer buying decision and Intervening variable is perceive ease of use. The population in this study is the overall Consumers who have used and made purchases at the online shop selling Tokopedia and the number is not known for certain. Samplesin this research are 150 respondent with the method of hair sampling. The sampling method used is purposive sampling technique. Data analysis method used in this research is the Path Analysis. The results showed that the trust has a positive and significant direct impact on perceive ease of use, information quality has a positive and significant direct impact on perceive ease of usecustomer of Tokopedia. Trust has a positive and significant direct impact on customer buying decision, information quality has a positive and significant direct impact on customer buying decision, perceive ease of use has a positive and significant direct impact on customer buying decision.Trust has a indirect impact on customer buying decision through perceive ease of use customer of Tokopedia. Information quality has a indirect impact on customer buying decision through perceive ease of use customer of Tokopedia.

 

Keywords: trust, information quality, perceive ease of use

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kemudahan Pada Situs Jual Beli Online Toko Pedia. Variabel yang diteliti adalah kepercayaan, kualitas informasi terhadap keputusan pembelian melalui kemudahan. Dalam penelitian ini variable independen terdiri atas kepercayaan, kualitas informasi.Variabel dependen adalah keputusan pembelian. Variabel Intervening adalah kemudahan. Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen yang pernah menggunakan dan melakukan pembelian di situs jual beli online toko pedia yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 150 responden dengan Metode Hair Sampling. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kemudahan penggunaan, kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kemudahan penggunaan pada situs Tokopedia. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian, kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian, dan kemudahan berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian pada situs Tokopedia. Kepercayaan berpengaruh secara tidak langsung melalui kemudahan terhadap keputusan pembelian konsumen di situs Tokopedia. Kualitas informasi berpengaruh secara tidak langsung melalui kemudahan terhadap keputusan pembelian konsumen di situs Tokopedia.

 

Kata kunci: kepercayaan, kualitas informasi, kemudahan


References


Adi, Nugroho. (2006). E-Commerce: Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Bandung: Informatika Bangung.

Adi, Pramono. H. (2014). Faktor-Faktor Yang Berpengatuh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Jejaring Sosial facebook. Jurnal Bisnis Dan Manajemen. Vol. 2 No. 2, 114-124.

Adityo, Benito. (2011). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Situs Kaskus.

APJII. (2014). Hasil Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Diakses pada tanggal 31 Oktober 2016 dari https://www.apjii.or.id

Ardyanto, Denni, Susilo, H, dan Riyadi. 2015. Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 22, No. 1, 1-9.

Bunga Windy A, dan Andini. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kepercayaan Konsumen pada Keputusan Pembelian dengan Kemudahan sebagai Variabel Intervening Studi pada Konsumen OLX di Surabya. Jurnal Ilmu Manajemen Vol 4 no 3 UNESA (2016) ISSN : 1979-7192.

Fandy, Tjiptono. (2000). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ferdinand, Augusty. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2007). Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Empat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J.f., et al. (2010). Multivariate Data Analysis. Edisi ke-7. New Jersey: Pearson Education.

Husein, Umar. (2003). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Husein, Umar. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.

Istijanto. (2005). Aplikasi Praktis: Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jogiyanto. (2007). Sistem teknologi Keperilakuan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Jonathan, Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Khairani, Siti. (2015). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Membeli Melalui Media Sosial. SNEMA: 305-314.

Kotler, Philip., dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13. Jakarta: Erlangga.

Laudon, C. K., dan Traver, C. G. (2014). E-Commerce 2014: business, technology, society. Edisi ke-10. Harlow: Pearson Education.

Majalah SWA XXXI Edisi 24. (2015). 12-25 November. Master of CS 2015 - 100% Puaaass. hal. 50.

Mc Leod, Pearson. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba.

Pitoyo, Arif. (2013). Tingkat Kepercayaan Pada E-Commerce Masih Rendah. Diakses pada tanggal 1 November 2016 dari https://www.merdeka.com/teknologi/tingkat-kepercayaan-pada-e-commerce-masih-rendah.html

Riduwan, dan Engkos, Achmad, K. (2008).Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung : Alfabeta.

Rimanews. (2015). Indonesia Peringkat Pertama Traffic Cyber Crime. Diakses pada tanggal 1 November 2016 dari http://rimanews.com/nasional/kriminal/ read/20150405/205467/Indonesia-Peringkat-Pertama-Traffic-Cyber-Crime

Rizki K., Astuti, E. S., dan Susilo, H. (2015). Pengaruh Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Dan Keputusan Pembelian Secata Online. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 28 No.1: 56-63.

Sandjojo, Nidjo. (2011). Metode Analisis Jalur dan Aplikasinya. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Sangadji, Etta Mamang, dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Schiffman, L. G, dan Leslie , L. Kanuk. (2007). Perilkau Konsumen. Edisi Ke-2. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Setiadi, Nugroho. (2010). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motiv, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Sumarni, Murti, dan Wahyuni, Salamah. (2006). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sunyoto, Danang. (2013). Teori, Kuesioner dan Analisis Data Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutabri, Tata. (2004). Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tang, Min, dan Zhong, Wu. (2015). Research on mechanisms of big data on consumer behavior using the models of c2c e-commerce and countermeasures. African Journal Of Business Management. Vol. 9 No. 1, 18-34.

Tokopedia. (2016). Tokopedia Help Center. Diakses pada tanggal 30 Oktober 2016, dari https://www.tokopedia.com/bantuan

W&S Group Research. (2015). Indonesia Popular Brand Index 2014-2015. Diakses Pada Tanggal 20 Oktober 2016, dari http://nusaresearch.com/pbi/list.php?IDcategory=1

Yoga, Hastyadi Widiartanto. (2016). Pengguna Internet di Indonesia Capai 132 Juta.. Diakses pada tanggal 31 Oktober 2016, dari http://tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2016.pengguna.internet.di.indonesia.capai.132.juta.




DOI: https://doi.org/10.47007/jeko.v10i1.2764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


     

 

Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Telp : 021 5674223 ext 266

email : [email protected]

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.